Zainut Saadi : Indonesia Bukan Negara Agama Tapi Negara Yang Beragama

INewscrime.Manado – Indonesia berbeda dengan Negara lain yang memang tak memiliki agama sebagai pedoman hidup. Bangsa ini merupakan Negara yang sangat unik. Bukan Negara agama tapi Negara yang beragama. Dan ini merupakan satu kekuatan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Drs. H. Zainut Tauhid Saadi M.Si sekalu anggota DPR RI sekaligus anggota sosialisasi MPR RI dalam sosialisasi empat pilar MPR RI di Aula MAN MODEL 1 Manado, Minggu (11/6/2017) siang.

Walau demikian, Tauhid Saadi mengakui bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan, yaitu paham radikalisme. Dirinya menjelaskan bahwa paham ini ada dua yaitu, radikalisme agama serta radikalisme sekuler. “Keduanya harus dihindari,” kata Saadi.

Selain itu, Saadi menegaskan, kekuatan lain yang dimililiki bangsa Indonesia adalah budaya. “Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keberagaman berbudaya yang membentuk kebhinekaan yang kuat,” tegas Saadi dalam sosialisasi empat pilar MPRI RI.

Sementara itu, ketua MUI Provinsi Sulut KH. Abdul Wahab Abdul Gafur Lc mengatakan, empat pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sama sekali tidak bertentangan dengan agama. “Justru ini merupakan bagian dari ajaran agama,” jelas Ketua MUI Sulut.

Kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI bekerjasama dengan LP3 Citra Muda Insani yang dihadiri ratusan peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan majelis taklim serta undangan lainnya.
(tsir)