Wawali Mor Peringatkan Perangkat Daerah Segera Masukkan ‘Lakip’

"Suasana Rapat Di Pimpin Oleh Wawali Mor"

“Suasana Rapat PMPRB Di Ruang Serbaguna Pemkot Manado”

Manado,INewscrime – Wakil Wali Kota Manado Mor Bastian peringatkan kepada seluruh perangkat daerah agar segera masukkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Lakip).

“Saya tunggu sampai hari ini kepada semua perangkat daerah di lingkup Pemkot untuk segera masukkan,” tegasnya dalam rapat bersama pejabat, Kamis (19/1) digedung serbaguna Pemkot.

Pemkot Manado saat sedang mengejar target peringkat Lakip. Saat ini Pemkot dapat nilai Bagus dan sedang berusaha ditingkatkan menjadi nilai A.

“Sudah bertahun-tahun nilai B kita capai, tidak mungkin kita harus tetap nilai B lagi, maka saatnya ditingkatkan ke A,” ujarnya.

Keberhasilan itu ada pada masing-masing perangkat daerah yang harus mampu menyelesaikan semua laporan dengan baik.

“Tidak mungkin hanya pimpinan saja yang ingin bekerja keras membangun daerah tanpa ada dukungan dan kerjasama yang baik dengan para pejabat daerah,”

Nilai ini tidak bisa dibayar kemudian bisa naik, tapi dengan kekompakan dan kemauan dari kita semua guna menghasilkan perolehan yang baik.

Informasi yang Wakil terima masih ada beberapa perangkat daerah belum kirim laporan. Itu sangat mengganggu karena saat ini Wali Kota bersama Wakil terus bekerja keras memperbaiki semua kekurangan yang ada.

“Jangan hanya satu atau dua perangkat daerah saja yang tidak menyampaikan laporan atau berdiam diri, sehingga berpengaruh pada kinerja. Kami tetap lakukan evaluasi kepada semua pejabat yang baru di lantik,” jelas Mor.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku

Sedangkan LAKIP adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. LAKIP merupakan produk akhir SAKIP yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Sekretaris Kota Manado Rum Ursulu, Asisten I Ferry Siwi, Asisten III, Frans Mawitjere, Inspektur Hans Tinangon, dan seluruh perwakilan perangkat daerah.

(Sisca)