Wabup Wongkar Tinjau dan Berikan Bantuan Bagi Korban Bencana Banjir Bandang Desa Tambelang.

iNewscrime.com- Bencana banjir bandang yang menerjang desa Tambelang kecamatan Maesaan pada Selasa 4/7/2017 kemarin, langsung mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten Minahasa Selatan, buktinya pada Rabu pagi (5/7) pukul 07:15, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, yang di wakili oleh Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, langsung turun ke lokasi meninjau dan memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir bandang.

Wakil bupati Franky Wongkar ketika melihat lokasi bencana, menyampaikan turut prihatin dengan apa yang menimpa warga desa Tambelang, dan dalam kesempatan tersebut Wabup Wongkar atas nama pemerintah pemerintah kabupaten minahasa selatan memberikan bantuan kepada keluarga-keluarga yang terkena bencana.

“Dengan peristiwa yang terjadi ini, kembali mengingatkan kita masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan, sebab kejadian ini selain karena curah hujan yang tinggi juga di sebabkan oleh pembalakan hutan.” kata Wongkar.

Wongkar juga menghimbau kepada masyarakat agar supaya tetap menjaga kelestarian hutan, karena alam merupakan bagian terpenting dari keberlangsungan kehidupan manusia.

“Marilah kita menyatu dengan alam, sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup sedunia, yang kita peringati beberapa waktu lalu.” tambah Wongkar.

Banjir bandang yang terjadi di desa tambelang ini terjadi pada kemarin sore (Selasa 4/7) sekitar pukul 15:30, dan 1 unit Rumah atas nama keluarga Alan Tiow-Liwe, hanyut terbawa arus banjir. Kerugian dari akibat bencana banjir bandang ini di perkirakan Miliaran rupiah.

“Kerugian akibat bencana ini di perkirakan sekitar 2 miliar lebih, ini sudah si hitung secara keseluruhan.” kata Hukumtua Tambelang Jendry Mokalu.

Akibat dari Bencana banjir bandang di desa Tambelang ini akses jalan ke desa kinamang sempat terputus, Hewan ternak seperti Babi di perkirakan sekitar 50 an ekor yang hanyut, pipa air bersih, saluran untuk mengairi sawah, serta beberapa infrastruktur yang rusak berat.
Untuk meringankan beban bagi masyarakat yang terkena dampak Pemkab Minahasa Selatan lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Memberikan bantuan berupa Terpal, Matras, Kasur, Family Kid, serta bantuan lainnya.

” Kiranya bantuan yang di berikan ini dapat membantu meringankan beban keluarga yang terkena bencana, dan pesan saya agar tetap tegar menghadapi masalah ini sebab bencana itu kita umat manusia tidak tahu kapan akan datang dan terjadi.” pesan Wongkar ketika memberikan bantuan kepada keluarga yang terkena bencana.

Curah hujan yang tinggi di wilayah ini selain terjadi banjir bandang, juga terjadi bencana longsor yang mengakibatkan akses jalan Tambelang-Mokobang sempat terputus akibat tertimbun Material Longsor.

Wakil Bupati Frangky Wongkar Saat Di Wawancarai Usai Meninjau Lokasi Banjir & Longsor. 

Turut hadir bersama Wakil bupati Franky Wongkar SH meninjau lokasi bencana di antaranya Kabid kedaruratan BPBD Minsel Adri Repi, Kadis pertanian Frans Tilaar, kadis PU Rudy Tumiwa, Kabag Humas Henri Palit SH, Camat Maesaan Dea Joike Tangkere, Kapolsek Tompasobaru AKP Verry Liwutang, serta unsur pejabat lainnya.

(Aco Ismail Arjuna)