Tuuk Ingatkan Silangen Bertindak Cepat Menangani Kekisruhan Akibat HGU Sawit PT KKI Di Bolmong

iNewscrime.com- Keberadaan PT KKI di desa Bolangat Timur terus menuai kekecewaan sebagian warga yang ada di desa tersebut.

Belum tuntas masalah izin HGU yang terus di pertanyakan warga, PT KKI malah berbuat ulah dengan merusak irigasi yang berada di desa Bolangat Timur, Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow. Adapun irigasi tersebut rusak karena adanya aktifitas perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit ini.

James Tuuk personil komisi I Deprov Sulut, saat rapat pembahasan Komisi I dengan Pihak Pemprov yang di wakili olwh Sekprov Edwin Silangen, Selasa (18/07), dengan tegas memperingatkan pihak pemprov untuk menelusuri keabsahan Izin HGU serta kerusakan irigasi yang di akibatkan oleh PT.KKI.

Seperti diketahui pembuatan irigasi tersebut menggunakan uang negara sejak tahun 2015 dengan anggaran 3,4 M, serta pada tahun 2016 anggaran mencapai 9,6 M, semua itu diperuntukan untuk mengairi sawah milik warga.

Disisi lain pula Tuuk menjelaskan, lahan HGU yang di klaim oleh Perusahan KKI untuk dijadikan perkebunan sawit agar bisa dikembalikan kepada warga, sebab lahan sawah itu adalah salah satu sumber mata pencarian dan penunjang kehidupan warga. Dengan harapan Pihak Pemerintah Sulawesi Utara dapat menyelesaikan permasalahan ini.

” Ini jangan dibiarkan, sebab irigasi ini dibuat dengan anggaran yang besar, sawah juga adalah salah satu sumber mata pencarian warga untuk menunjang kehidupan mereka, diharapkan pihak Pemerintah harus menangani permasalahan ini dengan serius,” ungkap Tuuk

Menanggapi akan hal itu, Sekprov Sulut, Edwin Silangen mengatakan, nantinya Pemerintah akan memanggil pihak perusahan dan warga untuk mengadakan hearing dalam waktu dekat ini.

Diketahui rapat pembahasan komisi Komisi I dengan mitra kerjanya yakni, Pihak Sekertaris Provinsi Sulawesi Utara, Edwin Silangen, Ketua Komisi I, Ferdinand Mewengkang, Serta anggota, Decky Palinggi, James Tuuk, Netty Pantouw, Denni Sumolang serta Affan Mokodongan.

(Robby)