Tinju Kapolri Cup Hentak Manado

MANADO,INEWSCRIME.COM-KEJUARAAAN Tinju Internatsional “Kapolri Cup II” digelar di Manado 4-9 Juli 2018. Iven bertempat di Lapangan KONI Manado ini, didukung penuh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Dukungan tidak hanya dalam bentuk bantuan anggaran, namun juga penyediaan fasilitas kendaraan.

Kejuaraan ini direncanakan akan diikuti oleh 10 negara. “238 petinju dari 10 negara dan 21 provinsi di Indonesia dipastikan akan mengikuti kejuaraan ini. Ini akan menjadi yang pertama di Sulut yang akan digelar,” ungkap Ketua Umum Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Pusat, Brigjen Pol Johni Asadoma yang adalah Wakapolda Sulut.

Kejuaraan ini selain dalam rangka HUT Polri ke-72, dirangkaikan juga dengan HUT Kota Manado ke-395. Tak heran jika Pemkot Manado memberi support secara all out atas kegiatan bertaraf dunia ini. “Kejuaraan ini akan mempertandingkan kelas 46 kg hingga kelas 75 kg. Sementara di kelas putri akan dipertandingkan kelas 48 kg hingga kelas 64 kg. Ini akan menjadi ajang tryout bagi petinju Pelatnas Asian Games, karena diikuti petinju-petinju dari negara-negara Asia yang juga akan ikut bertanding di Asian Games nantinya,” jelas Asadoma.

Dengan total anggaran keseluruhan kurang lebih Rp 2,4 miliar. Asadoma menyebutkan kejuaraan tinju ini merupakan yang terbesar digelar di Sulut. “Untuk juara umum akan mendapatkan hadiah 5.000 USD. Total hadiah uang yang diperebutkan berjumlah total 19.000 USD.

Asadoma berharap, warga bisa berbondong-bondong datang menonton pertandingan karena tidak ada pemungutan biaya sama sekali. Menurut Asadoma, tujuan utama kejuaraan ini, ingin memperluas olahraga tinju di masyarakat. Dengan menonton, diharapkanya akan timbul minat untuk berlatih tinju.

“Itu yang kita harapkan. Karena di Sulut potensi petinju sangat besar. Untuk menggali itu, kita gelar kejuaraan ini di Sulut. Semoga hingga saatnya kegiatan kejuaraan tinju ini bisa berlangsung dengan meriah dan lancar,” pungkasnya.

Walikota Manado Dr Vicky GS Lumentut mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh pelaksanaan Kejuaraan Internasional tinju amatir Kapolri Cup II ini. “Untuk mendukung suksesnya kegiatan ini kita tidak main-main. Pemkot Manado benar-benar all out, karena ini kejuaraan tinju berkelas internasional. Tidak hanya anggaran, saya juga sudah meminta agar kendaraan dinas yang digunakan para pejabat dipinjam sementara kepada panitia menjadi kendaraan operasional selama kegiatan berlangsung,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Menurutnya, keterlibatan Pemkot Manado dalam kejuaraan yang diikuti 11 negara di Asia dan Australia itu, dalam kaitan dengan iven pariwisata Manado Fiesta 2018. “Kejuaraan tinju tingkat Internasional memperebutkan trofi Kapolri kedua di Manado ini juga, masih dalam rangkaian perhelatan pariwisata Manado Fiesta tahun 2018. Sehingga, saya berharap ada multiplayer effect kejuaraan ini terhadap pelaksanaan Manado Fiesta 2018,” tandas walikota.

Vicky pun meminta meminta masyarakat Kota Manado untuk ikut menyukseskan iven olahraga internasional tersebut, dengan menjaga keamanan dan kebersihan di lingkungan masing-masing. “Saya mengajak masyarakat Kota Manado, mari dukung kejuaraan tinju internasional ini. Jaga keamanan dan kebersihan, karena banyak tamu kita yang datang tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari 10 negara lainnya. Kita buktikan bahwa Kota Manado adalah kota Paling Toleran di Indonesia,” pungkas Walikota Vicky Lumentut didampingi Kadispora Drs Laurens Enco Umboh