Tiga Ribu Jenis Usaha di Minut Ternyata Yang Aktif Tak Capai Seribu

Airmadidi, iNewsCrime – Keberadaan Industri Kecil Menengah (IKM) di Minahasa utara mencapai sekitar 3 ribuan usaha. Namun sayangnya, IKM yang masih aktif ternyata tidak mencapai 1000 usaha. Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Perindustrian Minut, Femmy Pangkerego Spd MM. “Sesuai data¬† yang ada pada kami memang banyak IKM yang mati suri dimana lebih dari 2 ribuan,” ujar Pangkerego kepada wartawan, Selasa (22/2/17).

Pangkerego menjelaskan, dari sebagian besar usaha yang tidak aktif ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya ketersediaan bahan baku, peralatan yang tidak memadai serta minimnya permintaan dari konsumen.

Meskipun demikian, usaha yang selalu mati suri ini terus mendapat perhatian dari Dinas Perindustrian Minut. “Banyak yang tak aktif karena banyak yang merupakan usaha musiman. Ini kami selalu memberikan pendampingan agar mereka tidak sampai berhenti berusaha dan itu tergantung dari motivasi pelaku usaha itu sendiri,” jelas Pangkerego.

Sementara terkait dengan peralatan industri, ditambahkan Pangkerego, oleh pihak Dinas Perindustrian akan melakukan lobi khusus ke kementrian terkait.

“Kami akan lakukan permohonan anggaran untuk pelaku usaha agar mereka tidak mati usaha. Pelatihan juga akan kami berikan supaya pelaku usaha ini memiliki ketrampilan,” tambahnya.(sisca)