“Tiga Belas” Positif Covid-19 Di Sulawesi Utara

Penanganan Pasien Positif Covid-19 (Foto Istimewa)

MANADO, INC – Pasien positif Covid-19 terus di Provinsi Sulawesi Utara terus bertambah.

Setelah sebelumnya Terkonfirmasi 8 orang, berdasarkan data yang didapatkan INewscrime.com dari Gugus tugas Covid-19 hingga hari ini Jumat, (10/3-2020) telah bertambah menjadi 13 orang.

Hal diatas diperkuat oleh pernyataan resmi Ketua Gugus Covid 19 Sulut dr Debby Kalalo, Jumat (10/04/2020) malam ini. “bertambahnya jumlah Pasien Positiv Covid – 19 di Provinsi Sulawesi Utara seperti Data Resmi dari covid19.go.id. itu benar,” terang dr Debby.

Diinformasikan juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara ini bahwa untuk pasien positif covid 19 saat ini ada 10 pasien yang sedang dirawat.
“Dua diantaranya sudah meninggal dan satu sembuh setelah melihat hasil pemeriksaan laboratoriun yang 2 kali negatif. Sayangnya setelah dinyatakan negatif pasien tersebut meningal karena gagal ginjal, “terang dr Debby.

Ditambahkannya pula, hingga hari ini (Jumat, 10/04/2020), orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 302 orang, sementara pasien dalam pengawasan (PDP) ada 25 orang.

Sementara itu, untuk lima orang pasien positif Covid 19 di rillis Gugus Tugas Covid-19, berasal dari Manado 3, kemudian Bitung dan Minahasa masing-masing 1 orang.

Menurut jurubicara Gugus Tugas Covid-19 Steven Dandel, pasien dari Manado seorang perempuan berumur 70 Tahun. Si pasien punya riwayat perjalanan Jakarta-Manado. Sedangkan dua pasien lainnya, punya kontak erat dengan pasien berumur 70 tahun, lalu pasien ketiga anak dari pasien kedua laki-laki berumur 37 Tahun.
“Sedangkan pasien keempat terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) laki-laki, warga Kota Bitung dan sudah di rawat di ruang isolasi RSUP Prof Kandou Manado. Pasien kelima warga Minahasa positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab,”terang dr Steaven Dandel. (***/Robby Kumaat Mononimbar)