Terkait Penetapan TSK pada Yasti, Tumbelaka Himbau Polda Tidak Menahan Sang Bupati

iNewscrime,Manado-Terkait keluarnya penetapan tersangka pada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Bupati Bolmong, pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka menghimbau Polda sulut untuk tidak menahan sang Bupati tersebut.

Menurut Tumbelaka, jika di tinjau dari sisi hukum memang ada 3 (tiga) unsur memang ada 3 unsur yang memungkinkan hal tersebut yaitu:

1. Tidak mengulangi perbuatan

2.Tidak Melarikan diri

3.Tidak menghilangkan barang bukti

“Tapi saya lebih meninjau dari sisi Politik dan Pemerintahan, Sang Tersangka adalah seorang Kepala Daerah yang baru dilantik, dimana dia sedang membenahi dan merapikan pemerintahan yang baru saja melewati masa transisi sekitar 8 (delapan) bulan, maka otomatis banyak “pekerjaan rumah” yang harus dilakukan dan untuk itu butuh sentuhan langsung dari Sang Kepala Daerah”, dalam hal ini YSM. Selain itu, penetapan tersangka YSM tidak terkait kasus yang sensitif, seperti korupsi, manipulasi keuangan dan lain yang merugikan negara atau masyarakat banyak,”papar abang pada iNewscrime.

Dalam perkara ini menurut Bang tofik Yasti   terlihat lebih terkena masalah pengambilan kebijakan lapangan yang berpotensi menimbulkan efek yang kontra produktif yang nampak yang bukan bermaksud seperti itu.

Di bagian akhir pernyataannya taufik Tumbelaka memgatakan, jika YSM tidak ditahan, yang bersangkutan bisa tetap menjalankan tugas kewajiban sebagai Bupati dan proses hukum tetap berjalan.

(Robby)