Terkait Operasinal TPI, Kadis Kelautan & Perikanan Katakan TPI Calaca Harus Di Kelola DKP Provinsi Sulut

Foto: Kadis Kelautan Dan Perikanan Prov Sulut  DR. Tinneke Adam.MSi.

Manado – Terkait pesoalan oprasional lahan Tempat Pelelangan Ikan (TPl) di pasar Bersehati Calaca yang di kelolah PD Pasar Manado,hal ini mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Utara DR.Tinneke Adam,MSi menjelaskan,fungsi Pelelangan ini sudah di alihkan saat ini menjadi Tempat Pemasaran Ikan,sesuai Undang – Undang 23 tahun 2014 dimana semua fungsi pelabuhan diambil alih oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi.

Sebab itu,karna ini masuk kategori Pelabuhan di dalamnya ada fungsi kegiatan Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan dan Kelautan (PDSPKP).Kata Adam dalam Diskusi yang di gagas Komunitas Pers Manado (KPM).Rabu (26/02/2020)

“Jadi di tempat pemasaran ini,bukan hanya transaksi jual beli tetapi difungsikan semua hasil nelayan dan akan di berikan fasilitas untuk menjaga mutu dari hasil yang di dapat oleh nelayan”.ungkap Kadis Tinneke.

Ia berharap,dengan melihat fungsi ini,mestinya Pemerintah Kota (Pemkot) Manado harus segera menyerahkan ke Pemerintah Provinsi.

Lanjunya,sekarang kami sedang menunggu Penyerahan Personil Prasarana dan Dokumen (P3D) dari Kabupaten Kota ke Provinsi.

Diharapkan,Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat dalam rangka memperjuangkan hak masyarakat untuk mengatasi dan mencari solusi terhadap masalah.ucapnya.(MiddleO)