SOSIALISASI BANK SAMPAH OLEH BADAN LINGKUNGAN HIDUP MINAHASA SELATAN

Amurang(Minsel) iNewsCrime.Com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup, melaksanakan kegiatan Sosialisasi pengendalian pencemaran limbah domestik sampah bersama stake holder Proyek Leader, Jumat, (5/05/17), di Selo Cafe 88 Pantai Alar, jl Bulevard Kelurahan Pondang kecamatan Amurang Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roy Sumangkut ST.MT menjelaskan,pelaksanaan sosialisasi tentang bank sampah tersebut, adalah amanat dari UU no 18 Thn 2008 tentang pengelolaan sampah dan Peraturan Menteri (permen) LH 53 Thn 2016 tentang pedoman pelaksanaan Adipura serta tertuang dalam Permen Lingkungan Hidup nomor 5 Thn 2013.

Di jelaskan Sumangkut, sosialisasi ini juga untuk merubah mindset (pola pikir) masyarakat, bagaimana cara menjaga kebersihan dan memilah sampah untuk diuang ke bank sampah. Kata Sumangkut, dengan adanya program bank sampah ini,sampah tidak dipandang lagi sebagai barang yang tidak berharga.

” Tetapi bagaimana memanfaatkan sampah untuk menjadi barang yang sangat berharga, karena ada nilai keuntungan didalamnya. Demikian juga bagi pengelolah bank sampah itu sendiri. Selain itu itu juga begitu banyak program pemerintah dan akan bekerjasama dengan instansi terkait, agar kedepannya kerinduan Pemkab Minsel untuk mendapatkan Adipura bisa terwujud di Tahun 2018 nanti,” Pungkas Sumangkut.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Kabid Tantib  Pol – PP Mariano Kani Dan Karel Lakoy,Serta Kepala-Kepala Sekolah,Serangkaian acara tersebut Masyarakat sangat antusias pada acara ini , hal tersebut dapat dilihat saat sesi tanya jawab masyarakat banyak yang bertanya. Semoga dengan adanya Sosialisasi ini agar Masyarakat sadar akan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan dengan adanya program Bank Sampah dapat mengurangi pencemaran lingkungan.
(Ismail Arjuna)