Beranda » Post » Soroti Penyaluran Dana Desa, Hendry Walukouw: Harus Ada Penguatan Kapasitas SDM

Soroti Penyaluran Dana Desa, Hendry Walukouw: Harus Ada Penguatan Kapasitas SDM

Hendry Walukouw Anggota DPRD Sulut Fraksi Partai Demokrat (Foto:Istimewa)

MANADO, INC — Hendry Walukow Politisi Demokrat dari Partai Demokrat di Komisi I DPRD Sulut menyorot pengelolaan dana desa yang belakangan ini jadi perdebatan ramai dikalangan masyarakat.

Dimintai tanggapan oleh awak media usai RDP dengan Biro Pemerintahan dan Otda Provinsi Sulawesi Utara (Selasa 23/3-2021) legislator yang berperawakan tinggi besar ini mengatakan sangat dirinya sangat menseriusi pengelolaan dana desa di kabupaten/kec sampai desa.

Menurutnya, terkait pengawasan pengelolaan dandes kami sudah turun lapangan dibeberapa kabupaten/kecamatan bahkan tingkatan desa dalam rangka mengawasi pelaksanaan dan penyaluran dana desa.

” Jadi kami komisi I menaruh konsentrasi yang cukup besar terhadap pelaksanaan penyaluran dana desa, kami turun bukan saja di dinas-dinas bahkan mengambil sampel bukan saja ditingkat kecamatan namun sampai tingkat-tingkat desa, dalam rangka pemantauan ini,” ujar Walukow.

Panjang lebar Walukouw mengemukakan dalam pengawasan pelaksanaan penyaluran dana desa harus ada penguatan kapasitas sumber daya manusia.

“Berharap ada penguatan-penguatan kapasitas SDM dalam penyaluran dana desa agar tepat sasaran karena tujuannya, manfaatnya untuk kesejahteraan rakyat,” tandas Walukow

Walukow mengemukakan estimasi pengelolaan dana desa mungkin awalnya hanya 40 jutaan mungkin bisa sampai 1 miliar setiap desa tentu diperlukan kapasitas SDM dalam rangka pemantauan penanganannya hingga penyalurannya,” Walukow sambil mengingatkan SDM nya harus profesional

“Diharapkan kedepan, perlu memperhatikan kapasitas SDM-nya dan disarankan perlu dilaksanakan pelatihan tentang peningkatan SDM, pendalaman dan pemahaman tentang pengelolaan dana desa sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak) sampai penyalurannya seharusnya sesuai kebutuhan,” pungkas politisi Partai Demokrat dari Dapil Minut Bitung ini.
(Robby)