Sistem Kontrol Lemah, Tuuk Minta Menteri Pendidikan Kaji Kewenangan Pengelolaan SD & SMP

INewscrime.com– Anjloknya kualitas pendidikan di tingkat Kabupaten Kota Se Sulawesi Utara menjadi perhatian serius Jems Tuuk, legislator PDI-Perjuangan di Deprov Sulut.

“Coba lihat Prestasi yang didapat dunia pendidikan kita setelah di serahkan pada pemerintah Kabupaten Kota apa?, anjlok kita punya pendidikan,”tegas Tuuk.

Dikatakan juga oleh Tuuk, anjloknya kualitas pendidikan dari sisi politik disebabkan oleh lemahnya sistem kontrol yang berlaku selama ini.

Terkait hal diatas Tuuk berharap agar Menteri dapat mengevaluasi kewenangan pengelolaan SD dan SMP untuk dapat dikembalikan pada pemerintah provinsi dan dijadikan satu atap.

“Saya berharap Menteri dapat mengevaluasi kembali kewenangan kebijakan pengelolaan SD dan SMP, dan saya mengusulkan dikembalikan pada pemerintah Kabupaten kota,”tukas Tuuk.

Di bagian akhir dirinya menegaskan apabila ada Kabupaten Kota yang mau komplain mari diskusikan dan buka data,bukan asumsi.

“Bikin satu pintu sistem koordinasi karena dengan sistem yang berjalan sekarang kalau dibikin koordinasi, banyak mata rantai yang putus padahal sistem pendidikan itu musti satu komando,” pungkas legislator yang dikenal Vokal dan tegas ini.