Beranda » Post » Sistem Belajar Online Dinilai Kurang Efektif, MJP : Dinas Pendidikan Harus Lakukan Inovasi

Sistem Belajar Online Dinilai Kurang Efektif, MJP : Dinas Pendidikan Harus Lakukan Inovasi

Foto : Melky Jakhin Pangemanan

SULAWESI UTARA, INC– Pandemi Covid-19 hampir setahun menerpa Indonesia termasuk didalamnya Provinsi Sulawesi Utara, sehingga banyak kegiatan dan bidang-bidang perekonomian serta sosial yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Salah satu bidang yang paling merasakan dampaknya adalah dunia pendidikan. Dimana selama masa Pandemi Covid-19 ini sistem belajar-mengajar dialihkan ke sistem Daring (belajar Online) dari sistem belajar tatap muka langsung di Sekolah. Tentunya sistem belajar Daring seperti ini menjadi sebuah pertanyaan bagi kalangan masyarakat akan kualitas yang dihasilkan.

Melky Pangemanan selaku Wakil rakyat DPRD Provinsi Sulut yang membidangi Komisi IV, didalamnya dunia pendidikan menjadi salah satu mitra kerjanya menilai untuk saat ini kondisi belajar-mengajar secara tatap muka langsung belum bisa dilaksanakan akibat penyebaran Covid-19 di Sulut belum menunjukkan hasil yang baik. “Kondisi hari ini saya kira kita perlu bersabar dengan melihat kasus positif Covid-19 di Sulawesi Utara, bahwa memang hari ini pembelajaran tatap muka langsung belum bisa dilakukan masih dalam belajar Daring yang nantinya bisa dimaksimalkan dengan metode pembelajaran yang lebih efektif bagi para peserta didik”, ungkap MJP (sapaan akrabnya) pada Selasa (5/1/2021) siang.

Setelah hampir setahun metode pembelajaran Daring ini dilaksanakan, MJP berharap ada inovasi yang dilakukan oleh Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan. “Kita perlu inovasi apalagi ini kita sudah pengalaman hampir setahun melakukan sistem belajar Daring ini, berarti pihak-pihak terkait Dinas Pendidikan tentunya punya pengalaman sehingga ada formulasi terbaik untuk mengektifkan pembelajaran Online tersebut dan kiranya orang tua juga bisa mengambil andil paling depan dalam rangka mendidik anak-anak kita di Sulut¬† sehingga kita juga bisa mendukung protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah ini untuk memutus mata rantai Covid-19 “, ujar Legislator utusan Dapil Minut-Bitung ini.

Pangemanan pun berharap dengan sudah adanya Vaksin Covid-19 di Tanah Air terlebih khusus di Sulawesi Utara, Bangsa Indonesia dan Provinsi Sulut boleh terlepas dari Pandemi Covid-19 ini, sehingga sistem belajar-mengajar boleh kembali berjalan normal yakni tatap muka langsung di Sekolah