Siap Dioperasikan Alfamart di Ranomuut Belum Memiliki IMB, “Lurah Bungkam”

Bangunan Alfamart di Jalan Maesa Ranomuut Yang diduga tak memiliki IMB. (Foto Istimewa)

MANADO, INC — Pembangunan salah satu toko (Alfamart) di Jalan Maesa Kelurahan Ranomuut, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado diduga tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Persoalan ini pun dikeluhkan warga.
” Sejak awal pematangan lahan torang nda pernah lia (kami tidak pernah lihat,red) keterangan bahwa bangunan ini telah memiliki IMB,”ujar seorang warga tinggal di sekitar bangunan tersebut.

Adapun bangunan yang dibangun sejak awal tahun 2020 ini sudah hampir rampung pembangunannya dan nampak akan segera dioperasikan.

Anehnya, pemerintah Kelurahan Ranomuut dalam hal ini Lurah Inggrid Sumilat terkesan tutup mata dan melakukan pembiaran atas berdirinya gedung tersebut.

Berulangkali dihubungi oleh INewscrime.com terkait status bangunan tersebut Lurah Inggrid Sumilat tidak sekalipun merespon konfirmasi dari wartawan INewscrime.com terkait status bangunan tersebut.

Berikut aturan hukum terkait bangunan yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan.

Pasal 115 ayat (1) PP Nomor 36 Tahun 2005

Berdasarkan pasal ini, pemilik rumah yang tidak memiliki IMB, dapat dikenakan sanksi administratif berupa penghentian sementara sampai dengan diperolehnya izin mendirikan bangunan gedung.

Pasal 115 ayat (2) PP Nomor 36 Tahun 2005

Pemilik bangunan gedung yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan gedung dikenakan sanksi perintah pembongkaran.

Pasal 45 ayat (2) UUBG

Selain sanksi administratif, pemilik bangunan juga dapat dikenakan sanksi berupa denda paling banyak 10% dari nilai bangunan yang sedang atau telah dibangun.

Pasal 48 ayat (3) UUBG

Bangunan yang telah berdiri namun tak memiliki IMB, harus memperoleh IMB dengan cara mendapatkan sertifikat laik fungsi terlebih dahulu.

(Robby)