INewscrime.com – Sebanyak 92 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado siap mengamankan Hari Raya Idhul Fitri 1439 H.

“Saat ini Basarnas ada beberapa pos SAR di Sulawesi Utara seperti Pos SAR Tahuna, Pos SAR Amurang, Pos Siaga SAR Kotamobagu, Basarnas Manado juga menyediakan kapal KN SAR Bima Sena,” kata Kepala Kantor Basarnas Manado, Mochammad Arifin dalam sambutannya saat memimpin apel siap siaga di Lapangan Kantor SAR Manado, Jumat (8/6/2018) pagi.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan peralatan-peralatan milik Basarnas sehinggan untuk menjamin masyarakat yang ingin mudik bisa nyaman dan aman,” lanjutnya.

Arifin menjelaskan, untuk pengamanan lebaran tahun ini, Basarnas lebih kepada terjadinya kecelakaan selama arus mudik dan arus balik.

“Seluruh potensi SAR harus siap, mengingat tingginya volume arus mobilisasi masyarakat dan moda transportasi darat, laut, udara. Kita akan lakukan gerakan mobile dan patrol di tempat-tempat yang dilalui jalur pemudik dan Tim Basarnas selalu siap-siaga selama 24 jam sambil terus berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelasnya.

Dirinya juga berpesan apabila ada kejadian yang membahayakan jiwa manusia segera melaporkan ke Call Centre 0438-52189 atau nomor WhatsApp (WA) Humas Basarnas Manado: 082187123778.
(tsir)