Sekretaris Eksekutif BMCW Tantang Kapolres Bolmong Bongkar Dugaan Korupsi Dana Bansos Pemkab Bolsel

Inewscrime – Bolsel – Dana bansos kabupaten bolmong selatan yang bernilai mikayaran rupuah diduga kuat di korupsi oleh oknum pejabat pemkab bolsel.

Dugaan Penyelewengan dana bansos ini dengan modus menggunakan nama warga miskin namun yang menerima diduga kuat hanya orabg orang dekat bahkan keluarga oknum pejabat.

Sesuai informasi yang kami dapatkan bahwa ada penyalagunaan wewenang oleh dinas sosial pemkab bolsel dalam penyaluran dana bansos senilai 9,8 milyar rupiah karena di sinyalir tidak sesuai daftar yang di usulkan saat di ajukan ke pemerintah pusat. Kata sumber.

Sumber juga menambahkan bahwa penyaluran dana bansos tersebut diduga kuat penerimanya ada yang merupakan anak oknum pejabat di pemkab bolsel. ” seingat saya dulu pernah ada kisaran suara di lingkungan masyarakat bolsel bahwa salah satu oknun pejabat juga menerima dana bansos tersebut kami tidak menuduh namun hanya mencurigainya  ” pungkas sumber.

Sesuai ketentuan Peruntukannya secara spesifik telah ditetapkan Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 39 Tahun 2012, Pasal 10 dan Pasal 11.

Artinya, dalam menyusun RKA-PPKD tersebut sudah harus dipastikan dan ditetapkan nama penerima, jumlah/besaran nilai, dan peruntukan hibah tersebut.

Anggaran belanja hibah, baik sebagian maupun keseluruhan, tidak dapat lagi dicantumkan secara gelondongan atau hanya sampai jenis belanja hibah saja. Peruntukan penggunaan hibah juga secara spesifik dicantumkan dalam peraturan kepala daerah, keputusan kepala daerah, dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Namun pada kenyataanya kami mencurigai bahwa penyakuran dana hibah bansos di bolsel tidak sesuai apa yang di usulkan sehingga diduga terjadinya tindak pidana korupsi pada dana hibah bansos tahun 2011 di pemkab bolsel ini. ” tambah sumber

Akan hal tersebut diatas kami memohon pihak polres bolmong dapat melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi pada dana bansos tahun 201q pemkab bolsel ini . ” pintah sumber ”

Kami tantang kapolres bolmong untuk menyelidiki sugaan korupsi dana bansos pemkab bolsel tersebut. Pungkas Ketua BMCW

Saya percaya pihak kepolisian memiliki kompetensi dan memiliki metode khusus untuk membuktikan dugaan korupsi dana bansos pemkab bolsel taun 2011 silam yang selama ini menjadi bumerang bagi sejumlah masyafakat dan aktifis di wilayah bolmong raya ini.

Kami akan mendukung pihak kepolisian dalam meberikan dara serta informasi terkait dugaan korupsi dana bansos ini demi memberantas para koruptor sebab nilainta tidak sedikit yakni 9,8 milyar. Tutup sumber.

Kami akan terus menelusuri penyimpangan dan dugaan korupsi dana bansos pemkab bolsel yang selama ini telah menjadi modus dari para oknum pejabat di pemkab bolsel. ( red )