Talaud,inewscrime.com – Sebanyak 150 peserta yang sebagian besar adalah siswa menjadi utusan pemerintah daerah mengikuti pelatihan di sekolah pelayaran Amurang,Kabupaten Minahasa Selatan.

Sebelum di berangkatkan,para peserta pelatihan ini di lepas secara resmi oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud yang di wakili oleh Sekdakab Ir Adolf Binilang ME bersama Kepala Dinas Perhubungan Max Patone.

Sekdakab mengatakan Pemerintah Daerah serius mendukung setiap peluang yang berorientasi pada peningkatan Sumber Daya Manusia agar siap pakai dalam dunia kerja khususnya di bidang kemaritiman,agar putra daerah yang mengikuti pelatihan ini menjadi pelaut handal.

“Pemerintah Daerah mengapresiasi program pelatihan ini dan akan selalu ambil bagian di setiap peluang untuk masyarakat talaud”ujar Binilang sambil berpesan agar peserta serius dalam setiap materi teori dan praktek di pelatihan nanti.

Terpisah,Kepala Dinas Perhubungan Max Patone mengatakan peserta ini akan mengikuti pelatihan di sekolah pelayaran selama dua mingggu,mereka bakal mendapatkan tiga sertifikat, dan juga buku pelaut,” kata Patone.

Nantinya selesai pelatihan,Lanjut Patone,mereka bakal gampang mendapatkan pekerjaan di dunia pelayaran, sebab syarat utama agar lulus melamar kerja di perusahaan kapal harus memiliki sertifikat pelayaran.

“tidak ada batasan untuk peserta yang mendaftar, sampai lulusan tingkat pertama saja dapat di ikut sertakan dalam pelatihan pelayaran ini”,tutup Patone

(Obi)