Satpol PP Sulut Bakal Gunakan Senpi

 

TUGAS PENGAMANAN : Petugas Sat Pol PP bakal dilengkapi dengan senjata Api. (foto : ist)

MANADO – Kepala Satpol PP Provinsi Sulawesi Utara Drs Edison Humiang, MSi mengaku pihaknya kini sementara mengkaji kemungkinan anggotanya untuk menggunakan senjata api (Senpi).
Menurut Edison Humiang, dengan wacana tersebut tentunya akan mendukung kinerja anggota Satpol PP di Sulut mengingat tugas dan tanggungjawab yang dipikul anggota Satpol PP, semakin berat.
“Rencana ini tengah kita kaji. Kalau secara aturan diperbolehkan mempersenjatai anggota Satpol PP (dengan senpi),” ujar Edison Humiang di kantor gubernur Sulut belum lama ini.
Dia menambahkan, meski secara aturan diperbolehkan, tapi jenis Senpi yang diperbolehkan tersebut tidak sama dengan yang dimiliki aparat kepolisian, yakni untuk Senpi jenis tertentu saja dan standartnya harus dibawah standar Senpi milik anggota kepolisian.
Meski demikian, karena masih dalam proses kajian, dirinya belum bisa memastikan kapan rencana tersebut bisa terealisasi. Mengingat, banyak hal yang mesti dipertimbangkan.
“Tapi kalau melihat beban tugas yang ada, memang sudah saatnya anggota Pol PP dipersenjatai, karena anggota Satpol PP sekarang tidak hanya fokus pada tugas mengamankan Perda dan aset daerah saja, Satpol PP juga terlibat pada tugas seperti pengamanan kawasan hutan dan tugas lainnya yang berkaitan dengan fungsi Satpol PP,” jelas Humiang kepada wartawan.(kkr)