Ronny Sompie : Surat Edaran Pembuatan Paspor Harus Miliki Saldo 25 Juta Hari Ini Saya Cabut

Inewscrime – JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sebelumnya menetapkan kebijakan perihal permohonan pembuatan paspor baru.

Salah satu poin kebijakan ini adalah pemohon harus memiliki tabungan atas nama pemohon dengan jumlah minimal sebesar Rp 25 juta.

Kebijakan ini ditetapkan menyusul adanya surat edaran nomor IMI-02177.GR.02.06 tahun 2017 tentang pencegahan Tenaga Kerja Indonesia non-prosedural. Adapun kebijakan ini sudah berlaku sejak 1 Maret 2017.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Cucu Koswala mengatakan kebijakan ini dibuat sebagai langkah preventif mencegah tindak pidana perdagangan orang.

Namun hal itu dipandang kurang efektif dan hanya menjadi beban bagi masyarakat yerlebih khusus bagi para buru migran.

Menyikapi komplenan tersebut, Dirjen imigrasi Irjen Pol. RONNY SOMPIE mengatakan surat edaran yang di jabarkan oleh salah satu Direktur saya haru ini akan kami rapatkan dan evaluasi dan menarik surat edaran tersebut karena dianggap membebani masyarakat. ” Dalam surat edaran saya tidak ada dicantumkan nominal angka namn oleh direktur saya di jabarkan dikarenakan ada pertimbangan lain mungkin, tapi hari ini kami cabut ” tukas mantan kapolda bali ini.  ( JJ )

BERITA TERKAIT