Ribuan Lilin Dinyalahkan Untuk NKRI Dan Ahok Di Siau

Jpeg

Sitaro, – Ribuan Warga Masyarakat Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) berkumpul di area boulefard Ulu Siau untuk menggelar pemasangan lilin sebagai tanda aksi Solidaritas antar umat beragama demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta meminta pembebasan Basuki Cahaya Purnama atau Ahok dari kasus penodaan agama.

Dalam gelar Aksi yang digagas oleh para pemuda lintas agama di kabupaten Sutaro itu menyampaikan sejumlah tuntutan demi keutuhan NKRI yang disampaikan oleh perwakilan pemuda GPDI Stenly Gaghunting, perwakilan pemuda Budha Dominic Derek, perwakilan pemuda Hindu I Nyoman, perwakilan pemuda Muslim Sukarni Yunus Noe, dan perwakilan pemuda GMIST Orlando David.

“Intinya kami meminta agar semua umat bersatu melawan pihak pihak yang mencoba memprofokasi kita antar umat, kemudian pemberitaan di media masa itu harus terkontrol dan profesional, serta meminta aparat yang sedang menangani kasus Ahok itu jangan di interfensi,” ucap Sukarni Yunus Noe perwakilan pemuda Muslim Sitaro, Sabtu (13/05/2018) usai aksi di gelar.

Pemuda Muslim juga meminta lanjut Noe, agar seluruh Organisasi masyarakat yang mengatas namakan agam hanya untuk mencapai tujuan suatu kelompok tau golongan harus menjadi perhatian serius pemerintah.

“Kami meminta, Bubarkan FPI dan HTI.” tegas dia.

Sementara perwakilan pemuda GPDI dan GMIST senada menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama serta memegang teguh pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi negara dan sebagai falsafah negara.

“Dengan demikian kami menentang paham radikalisme dan sikap intoleran dari segalah bentuk dan manifestasinya yang bertujuan merusak kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama dalam bingkai NKRI,” tegas Stenly Gaghunting. (Erga)