Reses Perdana di Tiga Desa, Warga Antusias Sampaikan Aspirasi Pada Tommy Sako

Hanafi Sako Foto Bersama Warga Saat Reses

Bolmong, iNc. Com– Dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD Sulawesi Utara Dapil Bolmong, untuk pertamakalinya H. Hanafi Tommy Sako, SE, ME turun langsung menemui kostituennya sekaligus menjaring aspirasi mereka.

Adapun reses perdana legislator pada masa reses 2 ini dilaksanakan di tiga desa yaitu Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat, Desa Purworejo Kecamatan Modayag serta Desa Solimandungan II Kecamatan Bolaang selama dua hari yakni Senin dan Selasa (27-28/8-2018 & 28/8-2018).

Antusiasme warga terlihat saat Politisi Golkar ini disambut hangat ratusan masyarakat yang memadati lokasi reses.

Di Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu aspirasi yang disampaikan masyarakat diantaranya terkait pembenahan fasilitas infrastruktur seperti peningkatan status jalan maupun drainase termasuk trotoar yang ada di kelurahan tersebut serta perbaikan ruas jalan kembang yang terhubung ke terminal Serasi Kotamobagu.

“Disamping masalah infrastruktur yang menjadi aspirasi masyarakat Mogolaing, pemerintah juga melalui Biro Hukum dan Kesbangpol diharapkan dapat memberikan pembinaan maupun sosialisasi terkait masalah-masalah hukum dan pendidikan wawasan kebangsaan untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme kepada warga Negara terutama generasi muda.” terang Sako.

Sementara itu dalam tatap muka dengan masyarakat Desa Purworejo, diharapkan ijin galian C yang sudah diproses melalui dinas ESDM Sulut secepatnya diterbitkan agar masyarakat bisa segera memulai aktifitas mereka.

“ Ijin galian C mereka sudah melalui proses di Kabupaten termasuk syarat studi kelayakan sudah mereka penuhi dan telah disampaikan ke Dinas ESDM Sulut. Mereka berharap Dinas ESDM Sulut segera menerbitkan ijin galian C yang telah diajukan masyarakat desa Purworejo, “ tambahnya.

Disamping itu dirinya menuturkan, masyarakat setempat butuh perhatian pemerintah khususnya perbaikan drainase yang melintasi desa tersebut. “ Masyarakat selalu khawatir bilamana hujan deras turun menyebabkan air meluap dari saluran dan menggenangi pemukiman warga, “ ujar Haji Tommy sapaan akrabnya.

Disisi lain para petani desa Purwerejo mengharapkan bantuan dari dinas Pertanian untuk melakukan penyuluhan bagi petani setempat dalam upaya pengembangan tanaman kopi lokal yang menjadi salah satu hasil pertanian unggulan di daerah tersebut termasuk alat pengolahan kopi bubuk maupun jaminan distribusi pemasaran.

“ Ini penting dimana petani bisa mengolah tanaman kopi biji menjadi kopi bubuk agar pendapatan para petani terlebih keluarganya mereka meningkat termasuk ketersediaan pupuk khususnya bagi petani sayur mayur di desa Purworejo,” ucap Sako

Hal menarik dari kegiatan reses tersebut , saking antusiasnya masyarakat atas kunjungan personil komisi I ini, secara spontan warga mengajak Sako menuju desa Kotabunan Bulawan yang jaraknya cukup jauh dari desa Purworejo guna melihat kondisi drainaese yang butuh sentuhan pemerintah propinsi untuk dilakukan perbaikan.

Sementara di desa Solimandungan II Kecamatan Bolaang Bolmong, Hanafi Tommy Sako banyak menjelaskan tentang program prioritas Pemerintah Provinsi Sulut termasuk pentingnya membangun sinergisitas antara masyarakat dengan Pemerintah dan DPRD secara berjenjang sampai kepada Pemerintah Pusat serta DPR RI.

“Ini penting sehingga apa yang menjadi harapan dan usulan masyarakat dapat diakomodir secara berjenjang dan berkesinambungan, semua aspirasi yang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya dapil Bolmong Raya yang telah disampaikan dalam kegiatan reses ini tentu menjadi kewajiban saya sebagai wakil di DPRD Sulut untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan mereka.

“Mudah –mudahan ini bisa terealisasi sehingga bisa membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, ”pungkasnya. (rk)