RESES DI BOLMUT JEMS TUUK DI DAMPINGI BUPATI

INewscrime, Bolmut-  Dari semua legislator Deprov Sulut yang melakukan reses mungkin hanya Ir.  Julius Jems Tuuk yang di dampingi oleh Kepala Daerah setempat.

Terpantau saat melakukan reses di desa Komus 1 dan desa Binjeta 2 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Bupati Bolmut Depry Pontoh  mendampingi Ir. Julius Jems Tuuk sampai selesai reses di desa Binjeta.

Saat menggali aspirasi warga.  Tuuk mengatakan kehadirannya  di 2 desa tersebut bukan dalam rangka meraup suara tapi karena perintah konstitusi. Menurut nya dibanding desa desa lain di Bolmong Raya. Masyarakat di Desa desa yang ada Bolmut masih sangat perlu di bantu baik dari segi fasilitas maupun infra struktur.

” Saya hadir disini karena perintah konstitusi bukan untuk mencari atau meraup suara, kalau mau jujur saya tau saya kurang sekali mendapat suara di kedua desa ini saat pileg, tapi perintah konstitusi mengharuskan saya untuk menjaring aspirasi masyarakat yang nota bene adalah seluruh masyarakat  di Bolaang Mongondow Raya,  ” ujar nya di hadapan warga.

Tanpa segan Tuuk pun memuji kepemimpinan Depri Pontoh di Kabupaten Bolmut yang menurutnya lebih berhasil di banding kabupaten kabupaten pemekaran lain nya di Sulut.

“Dengan anggaran APBD yang terbatas namun beliau mampu membangun infra struktur baik perkantoran, jalan maupun infra Struktur penunjang lainnya, Secara pribadi kalau ditanya siapa Bupati terbain di Sulut saya katakan Depri Pontoh, “tukas Tuuk.

Adapun aspirasi yang disampai kan oleh warga adalah permohonan bantuan berupa pengadaan Katinting dan Bagan Tancap untuk kelompok nelayan yang ada di kedua desa tersebut, selain itu sangadi di kedua desa tersebut juga menyampai kan bahwa masih ada beberapa rumah yang belum di aliri listrik. Warga juga mengajukan permohonan bantuan hand tracktor dan alat alat pertanian. Karena selain sebagai nelayan, bertani juga adalah pekerjaan alternatif  warga di kedua desa tersebut saat sulit untuk melaut. Sulitnya mendapat bibit dan pupuk, masih minimnya sarana pendidikan, serta jauhnya jarak sekolah dari kampung serta belum adanya SMU adalah hal lain yang dikeluhkan oleh warga.

Menanggapi semua keluhan warga Tuuk pun menjelaskan pada warga bahwa kehadirannya di kedua desa tersebut adalah jalan Tol untuk memenuhi semua yang di butuhkan dan dikeluhkan warga. Kalau sebelumnya usulan program untuk desa tahapannya panjang karena harus melalui Musrembang mulai dari tingkat desa hingga Provinsi. Dengan kehadirannya semua jalur tersebut bisa di pangkas.  Tuuk pun memberi petunjuk agar warga membuat proposal dan ditujukan pada dinas terkait sesuai dengan aspirasi yang diajukan warga. Dirinya berjanji mengawal semua aspirasi tersebut  untuk nantinya di realisasi kan dalam APBD – Perubahan (APBD-P)  Sulut Tahun Anggaran 2017.

Pemerintah Kabupaten Bolmut Depri Pontoh saat membawakan sambutan mengaku berhutang pada  Jems Tuuk. Bupati Depri Pontoh mengakui bahwa kepedulian Jems Tuuk pada Bolmut sangat besar sekalipun dirinya kurang mendapat suara dari Kabupaten Bolmut saat pileg legislatif lalu

“Saya baru sadar bahwa ternyata Pak Jems Tuuk  adalah legislator kedua setelah istri saya yang juga legislator DPRD Sulut yang duduk di Komisi II datang dan melakukan reses di Bolmut. Apalagi di Bolmut ini sangat sedikit warga Bolmut yang memilih  beliau, tapi kepedulian beliau untuk masyarakat di Bolmut sangat besar. Saya dan kita masyarakat Bolmut  berhutang pada beliau,” ujar Bupati disambut dengan tepuk tangan warga.

Warga di kedua desa pun memberi apresiasi atas kehadiran Jems Tuuk di desa mereka. Pdt Erik Patonaung,  STh Tokoh Agama di desa Komus mengatakan kehadiran Pak Jems di desa kami adalah bukti kepedulian beliau terhadap warga Bolmut  Jarang ada anggota dewan yang mau menjaring aspirasi di tempat yang kurang menghasilkan suara bagi dirinya.  Salut untuk Pak Jems, ” Ujar Pendeta yang berpostur tinggi besar itu.

Setali tiga uang dengan warga di desa Komus warga di Desa Binjeta memberi pujian yang sama. Hendra Mewengkang warga setempat  mengaku kagum atas ketokohan Jems Tuuk. Jarang ada Legislator seperti Beliau, “Benar benar peduli pada masyarakat, “Ujarnya pada INewscrime.com . (Roby)