PUSKESMAS TUMPAAN MENELANTARKAN PASIEN

foto pasien/oma yang sedang sakit

Amurang(Minsel) iNewsCrime.Com-Pusat Kesehatan Masyarakat, atau puskesmas, merupakan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di bawah tanggung jawab dinas kabupaten dan kota. Puskesmas bekerja dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif.

Tugas utama dari puskesmas adalah mencapai tujuan pembangunan kesehatan sesuai dengan wilayah kerjanya demi mewujudkan kecamatan sehat.

Demi mewujudkan tugas utama ini, puskesmas berfungsi sebagai penyelenggara upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan (UKM dan UKP) tingkat pertama di wilayah kerjanya.

Pada kenyataannya, puskesmas-yang berada di kecamatan Tumpaan (Minsel) belum bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Salah satu Masyarakat Tumpaan yang tak mau namanya di sebut,mengatakan di akun facebooknya,ketika dia membawa nenek nya yang sedang sakit untuk mendapatkan perawatan dan akan nginap di puskesmas tumpaan, ternyata tidak mendapat perawatan dengan alasan kata perawat tidak ada Docter,ini adalah rendahnya tingkat kepuasan pelayanan yang diakibatkan kurangnya kualitas dan kuantitas tenaga kerja di puskesmas.

Ketidak puasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh puskesmas juga disebabkan karena banyaknya pelayanan puskesmas yang tidak sesuai dengan SOP (Standar Operating Procedure) yang ditetapkan. Hal ini terjadi karena petugas puskesmas masih kurang memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.
(Ismail Arjuna)