Pungli Berkedok Komite Masih Marak, Komisi IV Akan Sidak Ke SMU/SMK

Melky Pangemanan Dalam Salah Satu Pembahasan di DPRD Sulut.

DPRD SULUT, INEWSCRIME. COM

Masih maraknya pungutan liar dalam dunia Pendidikan jadi sorotan dari Melky Jakhin Pangemanan, legislator Partai Solidaritas Indonesia di DPRD Sulawesi Utara.

Pada INewscrime.com dirinya mengatakan banyaknya pengaduan orang tua mengenai pungutan pungutan yang di lakukan oleh sekolah sekolah baik SMU dan SMK adalah hal yang sangat memprihatinkan. Baginya hal Ini merupakan suatu hal yang buruk terjadi  dalam dunia Pendidikan di Sulut  karena ini terjadi sudah bertahun tahun, “kata Melky.

Tak sedikit orang tua yang mengadu pada kami bahwa anak anak mereka sering mendapat tekanan dari pihak sekolah jika belum melakukan pembayaran pungutan yang mengatasnamakan komite.

“miris jika praktek seperti ini masih ada dan berlaku di sekolah, karena pada hakekatnya siswa tidak harus di bebankan dengan pungutan karena tugas siswa adalah belajar, apalagi Gubernur Olly Dondokambey selalu menegaskan biaya pendidikan SMU/SMK gratis karena sudah di anggarkan di APBD di tambah dengan BOS dari pusat, kalau seperti ini kewibawaan pemerintah dengan program ODSK nya akan melemah karena masyarakat menganggap itu hanya slogan,”ujar Melky.

Menyikapi itu dirinya sebagai anggota DPRD Komisi 4 bersama personil komisi yang lain berencana akan On The Spot  Langsung kesekolah sekolah yang bermasalah dengan pungutan pungutan tersebut termasuk mengawasi dan cross check bantuan bantuan  yang sudah di berikan oleh pemerintah baik itu dari APBD dan APBN sekaligus memantau langsung proses belajar mengajar disekolah,”tandasnya.

Diketahui Melky. J. Pangemanan adalah satu satunya legislator PSI di DPRD Sulawesi Utara yang terpilih dari Dapil Minahasa Utara Bitung. Dan saat ini dirinya bergabung dengan fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Robby Kumaat Mononimbar