Program KUBE Di Kota Kotamobagu Di Duga Kuat Sarat KKN

PHRI DPP Sulut Janji Segera Kawal Laporan Atas Indikasi Korupsi Berjemaah Tersebut

Kotamobagu, INC.COM — Program pemerintah untuk membantu menguatkan kehidupan rakyat, seperti program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), jika mekanismenya jalan sesuai protap untuk klasifikasi rakyat miskin, maka bantuan pemerintah tersebut akan sangat membantu masyarakat.

Namun sangat disayangkan, di Kotamobagu tepatnya di Kelurahan Kotabangun Kecamatan Kotamobagu Timur, semua kelompok KUBE yang ada disinyalir, bermasalah.

Hal ini terungkap lewat hasil pengembangan LSM Perlindungan Hak Rakyat Indonesia Dewan Pimpinan Provinsi Sulawesi Utara (PHRI DPP Sulut) melalui Ketua DPP Intel Tipikor PHRI Jefran Herodes De’Yong kepada media ini membenarkan hal tersebut.

“Dari temuan kami, diduga kuat KUBE itu, begitu banyak ketidakberesan yang mengarah pada tindak pidana korupsi berjemaah sehingga merugikan negara,” ujarnya.

Lanjut Jefran, dari sekain indikasi ketidak beresan, didapati pula adanya banyak masalah didalamnya, yaitu:
– Pemotongan dana secara perseorangan,
– Manipulasi data,
– Pemalsuan SOP sesuai rencana aparat pemerintah yang ditunjuk seperti Pendamping dan Fasilitator
– Kemungkinan pembelanjaan barang bekas
– Adanya dugaan mark-up pada harga barang

Dari sekian uraian dugaan tindak pidana korupsi diatas, Jefran menyesalkan hal itu, karena terjadi begitu terstruktur dan masif. Untuk itu, pihaknya berjani akan mengawal laporan dalam waktu dekat ini.
“Kami sudah mengemas semua temuan baik data dan rekaman serta pengakuan para anggota dan pengurus kelompok KUBE itu untuk ditindaklanjuti sebagai dokumen laporan LP/IT-PHRI/06/2020,” tandasnya.

(**/RKM)