Foto : Lurah Djames Kairupan Beserta Kepala Kepala Lingkungan Di Ranomuut

iNewscrime.com, Manado-   Memberikan pelayanan terbaik adalah motto Kepala Kelurahan yang satu ini. Baginya Disiplin adalah hal utama yang mutlak di mliliki oleh jajarannnya.

Penekanan terhadap kedisiplinan adalah point penting yang di sampaikan oleh Lurah Ranomuut Djames Kairupan pada lNewscrime saat mewawancari beliau di Kantor Kelurahan Ranomuut pada (Jumat, 8/9).

Saat di tanyai oleh iNewscrime terkait kinerja sebagai Lurah sejak menjabat kurang lebih satu tahun. Diri Nya mengaku berterima kasih pada pemerintah Kota Manado di mana Walikota dan Walikota telah mempercayai Nya sebagai Kepala Pemerintahan di Kelurahan Ranomuut.

“Semua saya jalani dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi tinggi lewat dukungan semua jajaran dan perangkat yang ada di wilayah Nya,” ujarnya.

Diri Nya tak menampik ada waktu waktu tertentu dirinya di perhadapkan dengan masalah apalagi terkait penyaluran program pemerintah seperti Raskin, bantuan banjir dan program lainnya, tapi sejauh ini semuanya bisa teratasi, “terangnya.

Terkait dengan kinerja jajarannya , lurah mengaku sangat terbantu dengan kinerja jajarannya, baik itu ASN maupun para Kepala Lingkungan.

“semua jajaran sudah sangat menunjang saya dalam Bertugas, tinggal kedisiplinan para Kepala Lingkungan yang perlu di benahi. Sangat sulit dan jarang Para Kepala Lingkungan terkumpul tepat waktu, “tukas Lurah Kairupan.

Baginya pengabdian adalah segala nya ketika menyatakan diri menjadi Kepala Lingkungan. Sehingga tak ada alasan untuk kendor dalam menjalankan tugas.

Lebih lanjut Lurah menuturkan Komitmen 953 yang di proramkan oleh Walikota DR GS Vicky Lumentut adalah panduan yang lengkap, jelas dan terperinci buat seluruh jajaran Pemerintahan di Kota Manado ini.

“Kalau semua jajaran dan perangkat Pemerintah mampu mengejawantahkan program 953 dalam setiap tugas dan tanggung jawab pasti semua program Pemerintah di Kota Manado akan berjalan dengan baik dan bisa di rasakan secara maksimal oleh seluruh warga Kota Manado tanpa terkecuali,”Ujar Lurah.

Dalam wawancara tersebut Lurah juga menyinggung tentang beberpa ASN yang belum di lantik pada jabatan mereka masing masing yang mengakibatkan sedikit masalah dalam pengelolaan administrasi. Oleh nya dirinya berharap BKD (Balai Kepegawaian Daerah) dapat segera menuntaskan masalah tersebut karena sudah berulangkali dirinya menyampaikan hal tersebut pada BKD.

Di bagian akhir wawancara Lurah Djames Kairupan mengingatkan pada semua Kepala Lingkungan dan selutuh warga tak terkecuali, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan,  terlebih mampu secara  dini menangkal bahaya gangguan yang dapat mengakibatkan terjadinya ancaman teroris dan Intoleransi dengan segera melaporkan pada pemerintah apabila ada orang orang tak dikenal di wilayah kita masing masing. Dengan ada Nya Pos Kamling di semua Lingkungan itu adalah salah satu metode ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

“Ancaman teroris dan intoleransi adalah ancaman bersama olehnya mari kita mendeteksinya secara dini. Pos Kamling kalau berjalan sesuai fungsi pasti mampu memfilter semua pendatang yang punya niat tidak baik saat masuk di lingkungan kita , ” Pungkas Lurah.

Adapun komitmen 953 adalah sebagai berikut.

9 PAHAM

1. Paham visi dan msi sserta isi RPJMD kota manado 2016-2021
2. Paham Renstra serta Tupoksi Perangkat Daerah (PD)-nya
3. Paham job discription stafnya, 4.Paham semua SOP pada PD nya, 5.Paham isi DPA dan progress fisik serta keuangan PDnya
6. Paham masalah pada PDnya
7. Paham manfaatkan TIK dan peka terhadap isu-isu kota yang berkembang di media sosial
8. Paham jadwal dan siklus perencanaan APBD
9. Paham stakeholders dan asset pada PD nya

5 Siap

1. Siap berkoordinasi dan bekerjasama dengan PD lainnya
2. Siap berprestasi kerja di PD nya dan laksanakan setiap petunjuk pimpnan
3. Siap tidak terlibat penyalahgunaan narkoba dan barang terlarang lainnya, hidup bersih dan sehat serta menjadi panutan bagi karyawan keluarga dan masyarakat
4. Siap menjawab isu-isu yang berkembang di media sosial tentang kinerja Pemkot Manado
5. Siap mundur dari jabatan apabila melanggar hukum atau melakukan praktek asusila atau dinilai kerja tidak baik oleh rakyat/pimpnan

3 SEMANGAT

1. Semangat bekerja cerdas, logis dan cermat serta menjaga integritas dan loyalitas
2. Semangat berinovasi dan memberi pelayanan yang terbaik dalam menjalankan tugas
3. Semangat menjaga dan meningkatkan image Kota Manado dimata propinsi, nasional dan internasional.

(Redaksi)