Penuntutan Kasus Penistaan Agama Oleh Ahok Ditunda Ini Alasan Jaksa Agung

Jakarta, Inewscrime – Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan penundaan pembacaan tuntutan terdakwa kasus pensitaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta selesai bukan karena tekanan politik.

Menurutnya, penundaan itu karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) belum selesai menyelesaikan naskah tuntutan.

“Permohonan penundaan oleh jaksa penuntut umum tidak ada masalah lain, seperti tekanan, intimidasi, masalah politis, atau apapun, selain semata karena masalah teknis dan yuridis,” ujar Prasetyo dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4/2017).

Ia juga membantah penundaan itu karena ada surat rekomendasi dari Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M Iriawan. Ia menjelaskan penundaan tersebut untuk menghindari polemik di masyarakat karena  berbagai pro-kontra dan sikap saling dukung dari pihak yang berhadapan.

“Perkara ini telah menciptakan dinamika di masyarakat yang sering nyaris tidak terkendali sehingga perlu dikelola dan ditangani dengan penuh kearifan. (Hal itu) agar tidak semakin berkembang ke arah yang tidak diharapkan, yang tidak mustahil dapat mengganggu kesatuan dan persatuan bangsa,” tuturnya.

“Semua harus dinilai objektif, profesional dan proporsional, tidak boleh bergeser apalagi berbeda dan bertolak belakang dengan apa yang ada. Semua fakta, bukti dan keterangan dari semua pihak yang memberikan keterangan di persidangan harus dianalisa dan dinialai secara cermat, benar dan tidak keliru,” tambahnya. (plt)

Ts