Pengamanan Natal Di Lapas Kelas 2 B Bitung Libatkan Masyarakat

Foto:  Lembaga Pemasyrakatan Kelas 2 B Bitung.

Bitung, INewscrime.com– Seperti sudah menjadi tradisi, hari raya adalah hari sukacita bagi setiap umat yang merayakannya. Hari dimana kita bisa bercengkrama dengan seluruh anggota keluarga kita.

Namun tak semua insan bisa merasakan itu secara bebas. Contohnya para warga binaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan khususnya Lapas Kelas 2B Bitung.

Dikatakan oleh Danang Agus Triyanto Kalapas Kelas 2B Bitung. Menurutnya, sesuai dengan Edaran Mentri, Dirjen dan, Kakanwil Lapas Bitung juga melakukan persiapan khusus dalam menyambut Libur Natal 25.Desember 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020

Foto: Kalapas Bitung Danang Agus Triyanto

“Yang pertama kami selalu mengantisipasi Keamanan di dalam maupun diluar lingkungan Lapas, agar setiap Keluarga Napi yg membesuk merasa nyaman.

Namun demi memaksimalkan penjagaan mengantisipasi kunjungan keluarga tahanan maupun napi yang dipastikan akan melonjak. Kami berinisiatif menambah regu jaga dengan melibatkan staff, karena jujur regu jaga kami tidak seimbang jika hanya mengandalkan sipir,”ungkap Kalapas.

Hal menarik dalam pengamanan Natal di Lapas Bitung adalah pelibatan masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan di dalam lingkungan Lapas. Tapi tetap dibawah kendali penuh kami,”tegas Kalapas.

Diketahui berdasarkan data terakhir dari Kanwil Kememkumham Sulawesi Utara jumlah Tahanan dan Napi di Lapas Kelas 2 Bitung adalah sebanyak 337 orang meliputi 88 orang Tahanan (Belum Putus Sidang)  dan Napi 249 orang. Dari jumlah tersebut Lapas Bitung mengalami over kapasitas karena kapasitas lembaga Bitung hanya untuk menampung 200 orang.

Peliput: Fenly Lumentut