Penderita DBD Terus Bertambah Gubernur Olly Dondokambey Tegaskan Pemerintah Kabupaten Kota Lakukan Fogging.

Manado- INewscrime.com- Terus meningkatnya jumlah penderita DBD menjadi perjatian penting Pemerintah Provinsi dalam hal ini Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. Berkaitan dengan hal tersebut Gubernur lewat Dinas kesehatan Provinsi telah mengeluarkan Surat Edaran kepada Bupati dan Walikota se Provinsi Sulawesi Utara untuk memobilisasi semua sumber daya termasuk aparat untuk gerakan 3M plus secara massal dan kontinyu.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara lewat Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Prov. Sulut dr. Steaven Dandel MPH dimana isi surat tersebut berupa penegasan pada pemerintah Kabupaten Kota untuk tetap melakukan pengasapan (fogging) di lokasi yang ada kasus terkonfirmasi positif DBD.

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut  Dr Debbie Kalalo dan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Prov Sulut dr Steven Dandel.

“Sampai tanggal 9 kemarin sudah ada 10 lokasi yang di fogging oleh Dinkes Provinsi sebagai bentuk back up bagi Dinkes Kab Kota,”ujar dr Steven.

Bahkan setiap hari tim Dinkes Provinsi melakukan kunjungan Surveilans Aktif ke RS RS untuk mengupdate data pertambahan kasus DBD guna menilai apakan upaya pemberantasan di lapangan berhasil atau tidak,”tambahnya lagi.

Sementara itu hasil kunjungan ke RS Prof Kandou kemarin didapatkan data bahwa ada 57 kasus positif DBD dari total 78 kasus yg dirawat. Sementara yg sisanya adalah observasi infeksi virus dan tdk terkonfirmasi DBD.

“Hal ini mengindikasikan adanya penigkatan kewaspadaan di masyarakat sehingga kasus kasus demam dengan cepat di bawa ke RS,”ujarnya menabahkan.

Di bagian akhir keterangannya dr Steven menyampaikan bahwa hari ini ada rapat antara Dinas Kesehatan Provinsi dengan semua kadis Kab Kota, Direktur RS se Provinsi dan Akademisi untuk mengevaluasi kegiatan pengendalian DBD dan upaya inovatif lainnya yang dapat segera menekan pertambahan kasus.

Penulis : Robby Kumaat Mononimbar