Pemkot Zidak Mengantisipasi Kenaikan Harga Sembako Di Pasar Dan Swalayan

 

Tomohon-inewscrime-Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh mengadakan sidak bertempat di Pasar Bersehati Tomohon dan Swalayan Multimart dilanjutkan dengan sidak pada beberapa Dinas yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Rabu(21/6).

Inspeksi mendadak ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) dan kesiapan stok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438H.

Sekretaris Daerah mengatakan, inspeksi mendadak di pasar tradisional dan swalayan menjelang hari raya untuk mengecek apakah ada kenaikan harga barang dan produk yang kadaluwarsa, namun untuk saat ini tidak ada temuan. Ini merupakan tugas pemerintah untuk mengontrol harga di pasaran sehingga tidak ada pihak yang mengambil kesempatan untuk mencari keuntungan dan juga masyarakat boleh merasa nyaman saat melakukan transaksi.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan Sekkot untuk meninjau infrastruktur pasar demi kelayakan proses penjualan serta berbincang-bincang dengan penjual untuk mendengarkan masukan dan juga sempat menyapa turis asing dari Belanda yang sementara mencicipi kue khas apang dan cucur.

Berdasarkan data yang ditemui di lapangan dan Koordinasi dengan Disperindag per 21 Juni 2017 harga beras Rp 10.500/kg, minyak goreng curah Rp 12.000/kg, daging sapi Rp100.000/kg, daging ayam Rp27.000/kg, bawang merah Rp44.000/kg dan cabe Rp 65.000/kg angka ini masih tergolong cukup wajar.

Sekot Tomohon didampingi Asisten Umum Novi Politon SE, Direktur Utama PD Pasar James Rotikan SE, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aneke Tuegeh SE.(stenly)