Rocky Wowor Ketua Pansus LKPJ Gubernur Tahun 2020. (Foto Istimewa)

SULUT, INC– Pembahasan LKPJ Gubernur tahun 2020 yang dilaksanakan secara marathon oleh panitia Khusus (Pansus) LKPJ Gubernur 2020 dan seluruh perangkat daerah di Pemprov Sulut akhirnya tuntas.

Pada jurnalis liputan DPRD Sulut, Ketua Pansus Rocky Wowor saat conpress senin (26/4) mengungkapkan bahwa secara keseluruhan pansus menyimpulkan banyak program di hampir semua perangkat daerah tidak terlaksana akibat adanya refocusing anggaran untuk penanganan covid 19.

” Program-program yang kami (DPRD) sahkan bersama eksekutif di tahun anggaran 2019 untuk APBD tahun 2020 sebagian besar direfocusing itu yang menjadi permasalahan, karena kita tau bersama dasar refocusing itu adalah Perpu I tahun 2020 yang mengamanatkan Pemerintah merefocusing anggaran untuk covid 19,”beber Rocky pada awak media.

Namun demikian ia menyesalkan ada perangkat daerah yang justru menyisahkan anggaran yang cukup besar padahal pemerintah Provinsi mati-matian melakukan penghematan untuk dialihkan ke penanganan covid 19.

” Memang ada satu dinas yang kami sentil kemarin karena kita ini punya semangat, semua dana benar-benar sudah matang perencanaannya. Jadi apa yang direfocusing dan apa yang tersisa.”

“Karena semua dana yang dialokasikan untuk penanganan covid jangan sampailah tersisa dengan anggaran yang cukup besar karena kita tau bersama tahun lalu pemerintah sangat membutuhkan anggaran penanganan covid 19.
Kami sudah sentil kepada Dinas yang bersangkutan kemarin kenapa ada sisa anggaran yang besar, padahal tahun 2020 kemarin DPRD bersama Pemerintah Provinsi kesulitan mencari program-program mana yang harus dipilah diprioritaskan dan program-program yang dipending,” sesalnya.

Rocky pun menginformasikan bahwa Pansus LKPJ telah menjadwalkan agenda turun lapangan mulai Rabu hingga Selasa pekan depan kemudian dilanjutkan dengan finalisasi untuk memberikan laporan kepada ketua DPRD yang nantinya dimasukan dalam pembahasan Banmus untuk jadwal paripurna,”tandas politisi PDI Perjuangan peraih suara terbanyak di Dapil Bolmong Raya ini.

(**)