Pasca DCT, Dick Makagansa Himbau KPU Pastikan Semua Hak Pilih Tersalur

Foto (istimewa) Marvel Dicky Makagansa

INewscrime.com- Pasca dikeluarkannnya Daftar calon tetap (DCT)  pemilihan legislatif 2019 Kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pun sudah didepan mata. Masyarakat tentunya juga mengharapkan dapat menggunakan hak politiknya.

Terkait hal tersebut Anggota DPRD Sulut, Marvel Dicky Makagansa mengatakan, untuk urusan teknis seperti itu pendataan DPT, ketersediaan logistik dan lain sebagainya menurutnya penyelenggara Pemilu sudah bisa mengatasi.
“Menurut saya pribadi secara kapasitas para personil KPU dan Bawaslu sudah sangat berkompeten bagi tanggung jawab mereka masing – masing. Malahan yang perlu sekarang kita tingkatkan bersama ialah kesadaran warga mesyarakat yang harus dapat berkontribusi dalam Pemilu,” ujarnya.

Diwawancarai usai paripurna HUT Provinsi Sulut putra Sangihe ini menjelaskan, masyarakat sudah harus memperhatikan setiap kandidat yang ikut berkompetisi. Bahkan, menurutnya hingga pada fase melihat setiap rekam jejak. “Harus memulai dari pengamatan – pengamatan terhadap calon, sehingga nantinya tidak salah dalam menentukan pilihan,” terangnya.

Lanjut politisi PDIP yang dikenal vokal dan tak segan turun kejalan ini, untuk urusan teknis mengenai DPT dan sebagainya menurutnya sangat percaya terhadap kapasitas dari masing2 personil dari dua lembaga penyelenggara ini.
“Saya yakin KPU dan Bawaslu sudah cukup matang dengan persoalan Pemilu. Hanya saja, sosialisasi bagi pemilih pemula harus intens dilakukan, agar semua warga negara yang mempunyai hak pilih bisa digunakan,” katanya.

Tambah Makagansa, bahkan dirinya meyakini bahwa KPU dan Bawaslu sudah mengantipasi bila terjadi konflik.
“Untuk terjadinya konflik menurut saya sangat kecil karena warga Sulut sekarang sudah lebih hebat dari yang lalu – lalu,” pungkas Legislator yang pada kontestasi pileg 2019 nanti mencalonkan diri di DPRD Kabupaten Sangihe.

Penulis : Robby Kumaat Mononimbar