Pala Martha : Jadi Pala Itu Pengabdian

Manado, iNewscrime.com – Sebagai seorang Wanita menjadi Kepala Lingkungan adalah pilihan yang sulit. Hal itu pula yang dirasakan oleh Pala Anatje Doodoh yang lebih di kenal sebagai Pala Martha di lingkungan tempat Nya mengabdi.

Saat di temui iNewscrime di Poskamling Lingkungann IV Ranomuut pada senin malam (3/7-2017) diri nya mengakui menjadi Kepala Lingkungan bukan pilihan gampang yang harus di jalani Nya. Berbagai macam karakter masyarakat harus diri Nya hadapi. Belum lagi sebagai kepala lingkungan diri Nya harus siap di perhadap kan dengan pekzrjaan yang seharusnya di kejakan oleh kaum pria,  contoh nya malam ini saya harus menemani pemuda dan bapak bapak ronda malam, “inti nya sebagai Pala torang mesti siaga 1×24 Jam,” ujar Nya.

“Bukan pilihan gampang karena banyak karakter yang di hadapi,  ada yang suka dengan keberadaan saya tapi tidak sedikit pula yang tidak suka, tapi saya menjalani dengan ikhlas karena prinsip saya jadi Pala (kepala lingkungan adalah pelayanan) baik untuk masyarakat terlebih untuk Tuhan, “tutur Pala Martha pada iNewscrime.

Lanjut Pala Martha menuturkan sekira 10 tahun menjabat sebagai Kepala Lingkungan tak sedikit yang mencibir bahkan sampai menghujat dirinya bahkan sampai hal yang privacy pun di ungkit oleh warga. Namun sekali lagi saya terima semua dengan lapang dada karena prinsip saya melayani dengan tulus. Pada iNewscrime Pala Martha meng amini kalau sampai hari ini saya masih jadi Kepala Lingkungan di tempat saya mengabdi di Lingkungan IV Ranomuut itu karena Tuhan Yesus yang berkenan dan tentu nya saya juga berterima kasih pada Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut yang lewat panitia seleksi Pala masih mempercayai diri Nya sebagai Kepala Lingkungan. Apalagi lewat tes yang benar benar terukur dan transparan dalam pelaksanaan tes maupun pengumuman nya sehingga tidak alasan lagi kalau ada masyarakat yang mau complain terkait keberadaan Nya sebagai Pala, “aku Nya.

Pala Martha Bersama Warga Di Pos Kamling Lingkungan IV Ranomuut

Saat di tanyakan suka duka dalam mensosialisasikan program pemerintah di katakan oleh Ketua Remaja Wilayah Manado Timur 2 ini,  sukanya ketika program yang di sosialisasikan bisa berjalan dengan baik sedangkan dukanya kalau program tersebut tersendat sendat, “tukasNya.

Di informasikan oleh Pala Martha saat ini dalam rangka mengantisipasi gangguan Kamtibmas,  dan untuk mencegah masuknya paham radikalisme serta gerakan terorisme oleh oknum tak bertanggung jawab maka oleh Pemerintah Kota Manado lewat koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI  di perintahkan semua Pos Kamling harus di fungsikan kembali. Berkaitan dengan hal tersebut untuk kembali memaksimalkan Pos Kamling maka di adakanlah lomba pos kamling antar lingkungan yang sudah di mulai sejak minggu ke 3 bulan juni dan tahapan nya masih terus berlangsung sampai saat ini.

Di akhir wawacara singkat di pos kamling di temani oleh beberapa warga yang sedang berjaga di Pos Pala Martha menghimbau pada semua masyarakat agar turut membantu menjaga keamanan dengan melapor jan jika ada warga tak di kenal berkeliaran di sekitar lingkungan kita,  serta tak lupa melaporkan pada Kepala Lingkungan siapa saja tamu yang bertamu di rumah melebihi 1×24 Jam, “pungkas ibu tercinta dari seorang personil Polisi Di Luwuk Sulteng ini.

(Redaksi)