Mengaku Belum Terima SK Pelantikan Elly Lasut, OD Tunjuk Adolf Binilang Sebagai Plh Bupati Talaud

Foto: Gubernur Olly Dondokambey Di Kerubungi Awak Media Di Sela Sela Konfercab Dan Konfetda PDI Perjuangan.

MANADO- Walaupun telah tetpilih sebgai Bupati Talaud periode 2019-2024, pelantikan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Mochtar Parapaga yang sedianya akan dilakukan pada Senin (22/7/2019) akhirnya ditunda.

Terkait hal tersebut Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengaku dirinya belum menerima Surat Keputusan (SK) pelantikan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Saya belum terima SK. Jadi, kita belum mau jawab. Belum ada SK di tangan Gubernur untuk pelantikan,” kata Olly kepada wartawan usai Konferda-Konfercab PDI-P Sulut di GKIC Novotel Manado, Sabtu (20/7/2019) malam sekitar pukul 18.40 Wita.

Agar tidak terjadi kekosongan, Gubernur Olly Dondokambey menunjuk Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Talaud, Adolf Binilang, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kepulauan Talaud.

Menanggapi penunjukan dirinya sebagai Plh BupatI.Talaud, pada awak media Adolf Binalang mengatakan bahwa dirinya ditelepon oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Asisten I Provinsi Sulut bahwa akan ada penyerahan surat penunjukan sebagai Plh bupati Talaud.

“Dan tadi sudah (surat penunjukan) diserahkan oleh pak Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw,” kata Adolf kepada wartawan.

Menurut dia, surat yang diserahkan Wakil Gubernur Steven Kandouw tertanggal 20 Juli 2019. Karena malam ini pukul 00.00 WITA, maka jabatan bupati dan wakil bupati periode sebelumnya berakhir.

“Dan karena belum adanya pelantikan bupati yang terpilih, agar tidak terjadi kekosongan dalam pemerintahan, saya ditunjuk melaksanakan tugas sehari-hari bupati Kepulauan Talaud,” ungkap Adolf.

Adolf mengaku, gubernur dan wakil gubernur telah memberikan arahan tentang hal-hal apa yang harus dilaksanakan.

“Dan tentunya sambil tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi,” tambah Adolf.

Untuk masa jabatan plh bupati, ia mengaku belum tahu karena tidak disebut dalam surat.

“Saya melaksanakan tugas sampai perintah ini masih tetap berlaku dan tentu saya tetap menjalankan tugas itu,” katanya.

Seperti diketahui, E2L dan Mochtar Parapaga memenangkan Pilkada Kabupaten Talaud pada tahun 2018. Pasangan yang diusung Partai Nasdem ini tidak dilantik 25 September 2018, karena masa jabatan bupati sebelumnya baru akan berakhir 20 Juli 2019. (**)