MANADO TIAP TAHUN BANJIR!!!! INI SARAN YONGKIE LIMEN UNTUK WALI KOTA MANADO

Manado, Inewscrime.com – Banjir sepertinya sudah menjadi agenda tahunan di Kota Manado. Setiap Hujan deras terjadi dipastikan akan ada wilayah yang terendam banjir.

Berkaitan dengan hal tersebut Yongkie Limen menghimbau Walikota Manado untuk menjadikan penanganan banjir sebagai prioritas utama dalam proram prioritas Kota. Apalagi pada periode kedua dirinya menjabat sebagai Walikota Manado.
“Banjir bandang di tahun 2014 bukan mustahil bisa terjadi lagi kalau pemerintah Kota Manado tidak serius dalam penanganan masalah banjir ini, “tukas Yongkie Limen pada sejumlah awak media.

Menurutnya normalisasi sungai serta relokasi masyarakat yang tinggal di wilayah langganan banjir wajib dilakukan.
” Pemerintah dalam hal ini Walikota Manado harus tegas tidak ada lagi tawar menawar. Masyarakat yang tinggal di daerah langganan banjir harus segera dicarikan tempat yang layak alias direlokasi setelah itu lakukan normalisasi sungai, “ujarnya menambahkan.

Sejauh ini dirinya melihat upaya yang dilakukan Pemkot jauh dari maksimal. Membawa bantuan pada warga setiap banjir atau longsor tidak akan menyelesaikan masalah. Menurutnya yang harus di pikirkan bagaimana masyarakat setiap tahunnya tidak di nina bobokan dengan bantuan yang pada akhirnya menciptakan masalah baru karena penyalurannya yang seringkali kurang tepat sasaran.
Harus ada penganggaran lebih di APBD Kota Manado dalam memperbaiki Infrastruktur kota. Bagaimana tidak banjir kalau semua drainase sudah tidak berfungsi, bagaimana tidak meluap kalau DAS (daerah aliran sungai) makindangkal dan di penuhi sampah. Kalaupun APBD Kota Manado tidak mampu membiayai perbaikan semua drainase di Kota Manado. Pemerintah Provinsi juga pasti akan bertanggung jawab untuk itu. Karena menurutnya sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara Infrastruktur kota Manado tidak bisa luput dari perhatian Pemprov Sulut. Tinggal bagaimana Pemkot Manado dan Pemprov Sulut melakukan komunikasi.

Dirinya sebagai legislator Dapil Kota Manado di Deprov Sulut berjanji untuk mengawal al semua penganggaran yang dianggarkan untuk kota Manado dalam rangka perbaikan maupun penambahan Infrastruktur untuk menangani banjir. Saya rasa Pemprov Sulut sudah sangat berupaya untuk meminimalisir terjadinya banjir di Kota Manado. Pembuatan waduk Kuwil adalah salah satunya. Kalau waduk Kuwil sudah selesai sedikit banyaknya permasalahan banjir di Kota Manado bisa teratasi, ” ungkap Limen.

Hal lainnya yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kota Manado menurut Yongkie Limen adalah pengawasan terhadap proyek yang mengeksplorasi lingkungan harus diperketat. Sudah bukan rahasia lagi banyak proyek di Kota Manado khususnya perumahan maupun bangunan lainnya yang tidak memiliki Amdal mengakibatkan rusaknya fasilitas umum seperti jalan dan drainase yang mengakibatkan banjir, ” tukasnya lagi.

Di bagian akhir wawancara Limen tak menampik bahwa prilaku masyarakat dalam memperlakukan alam turut berperan besar menjadikan Manado sebagai kota langganan banjir. Olehnya dirinya mengingatkan pada masyarakat untuk tidak sembarangan menggali tanah dan juga membiasakan buang sampah di tempatnya karena hal hal tersebutlah penyebab sehingga banjir dan longsor terjadi,” pungkasnya. (Bob)