MAKNAI HUT RI KE 75, ROCKY WOWOR SAMBANGI KEDIAMAN MENDUR BERSAUDARA DI KAWANGKOAN

Foto : Rocky Wowor Berpose Didepan Tugu Mendur Bersaudara.

SULUT, INC Ada ungkapan yang mengatakan Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa Pahlawannya.

Seperti itulah cara Rocky Wowor legislator muda asal Bolmong dalam memaknai HUT RI ke-75. Usai mengikuti upacara HUT RI Ke 75 di kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Senin 17/8-2020) Ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulut ini mengunjungi rumah panggung Frans Soemarto Mendur dan Alex Impurung Mendur di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Wowor, Kakak-beradik Mendur ini merupakan wartawan yang berjasa dalam mengabadikan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia, yaitu Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

“75 tahun yang lalu, Republik Indonesia diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Ada banyak tokoh penting dibalik proklamasi kemerdekaan selain Bung Karno dan Bung Hatta. Termasuk, 2 wartawan asal Manado yakni Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur,” kata Wowor.

Dikatakannya, berkat jasa mendur bersaudara, generasi saat ini menyaksikan foto-foto momen proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, pada 17 Agustus 1945 silam

“Diantaranya foto saat Soekarno membacakan naskah proklamasi dan Mohammad Hatta berdiri di sisi kiri,” tandas Wowor yang digadang-gadang pengganti ketua DPRD Sulut Andrei Angouw.
(**/Robby)