Airmadidi,INewsCrime – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, yang memiliki berpotensi besar di bagian pariwisata , hal ini menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat maupun Pemmerintah provinsi Sulut. Dimana pada tahun ini pemerintah provinsi telah menetapkan wilayah Likupang sebagai daerah destinasi wisata yang dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

Dengan adanya lampu hijau dari Pemprov Sulut, maka langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata Minahasa utara dengan lebih memfokuskan pengembangan pariwisata di wilayah Likupang.

“Pada tahun ini, program pariwisata Minut akan kami fokuskan ke wilayah Likupang,” ujar Kepala Dinas pariwisata Minut Theodora Luntungan kepada media, Senin (20/3).

Luntungan menambahkan, Pemprov Sulut telah menjalin kerjasama dengan pihak investor Minahasa Permai Resort Development (MPRD). Namun tidak menutup kemungkinan pihak Dispar Minut juga akan mengundang investor lainnya untuk bisa menanamkan investasi di wilayah tersebut mengingat luasan daerah yang besar untuk dikembangan menjadi objek wisata.

“Wilayah Likupang sangat besar dan banyak dengan objek wisata terlebih wisata bahari. Untuk itu, pihak swasta atau investor akan kami undang untuk menanamkan investasinya di Likupang,” tambahnya.

Kepala Dinas pariwisata Minahasa Utara Theodora Luntungan

Diketahui, Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw dalam rapat dengan Bupati Minut Vonnie Panambunan bersama pihak investor MPRD telah menetapkan Likupang sebagai wilayah KEK pariwisata. Kandouw menjelaskan jika hal ini telah didukung oleh Presiden Jokowi, sehingga tentunya Pemprov akan langsung action dalam merealisasikan hal ini.

“Dampak ekonomi tidak usah diragukan lagi, PAD daerah, Lapangan Kerja, dan daya tarik wisata Marina tentu  akan memberikan kontribusi positif bagi laju pertumbuhan ekonomi.” terangnya.

Sementara itu Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan saat dimintai keterangan mengatakan sangat antusias dengan rencana pengembang pariwisata di Minut.
Menurut Panambunan, Pemkab dan Masyarakat Minut sangat senang, dan berterima kasih juga menyambut baik rencana pengembangan pariwisata oleh Pemprov Sulut yang bekerja sama dengan pihak investor, dalam rencana pembangunan KEK Pariwisata di Minut.

“Tentunya hal ini akan meningkatkankonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Minahasa Utara,”ujar Bupati VAP. (Sisca)