Latihan Posko I Kodim 1309/Mdo Resmi di Tutup, Ini Kata Kasrem

INewscrime.Manado – Latihan Posko I Kodim 1309/Manado yang digelar selama tiga hari resmi ditutup oleh Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Endro Satoto, Kamis (15/6/2017).

Kolonel Inf Endro Satoto mengatakan, tujuannya kegiatan ini dilakukan, guna untuk terus memantapkan koordinasi antara pimpinan dan staf sebagai komando pengendalian terhadap bahaya bencana.

“Latihan posko kali ini kita fokus pada bencana banjir,” kata Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Endro Satoto saat konferensi pers di ruang media center Kodim 1309/Manando.

Lanjut Kasrem, Dirinya juga memastikan setelah latihan, semua kegiatan akan dievaluasi sehingga kita tau apa saja kekurangan.

“Tentu harus dievaluasi agar diketahui apa saja kekurangan dari latihan ini,” ujarnya sembari menambahkan, nantinya latihan seperti ini akan terus dilanjutkan, agar seluruh pimpinan dan staf sudah menguasai jika terjadi bencana alam,” tandas Kasrem.

Dandim 1309/Manado Letkol Arm Toar Pioh saat memberikan keterangan pers di ruang Media Center Kodim 1309/Manado yang didampingi oleh Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Endro Satoto dan Kasiter 131/Santiago beserta Perwira Staf Kodim 1309/Manado.

Ditempat yang sama, Dandim 1309/Manado Letkol Arm Toar Pioh SIp MSi (Han) mengatakan, dalam latihan posko ini ada salah satu kelemahan yang ditemui yaitu HT (Handy Talky).

“Kalau Handy Talky (HT) yang kami punya hanya bisa digunakan internal. Makanya perlu adanya HT khusus yang bisa digunakan semua pihak, baik itu Polri maupun Pemerintah guna untuk berkoordinasi apabila terjadi bencana,” kata Dandim

Lebih lanjut, Letkol Arm Toar Pioh menekankan, HT ini sangat penting. sebab tanpa koordinasi penanganan bencana tak akan berjalan baik.

“Oleh sebab itu kedepannya pemerintah bisa mengadakan HT yang bisa digunakan oleh semua pihak,” tandas Dandim 1309/Manado Letkol Arm Toar Pioh.
(tsir)