Beranda » Post » Kolonel Saripuddin : Ada Beberapa Aspek Yang Merusak Ketahanan Nasional

Kolonel Saripuddin : Ada Beberapa Aspek Yang Merusak Ketahanan Nasional

Manado, iNewscrime – Kasiter Korem 131/Santiago Kolonel Inf Saripuddin SIP mewakili Danrem 131/Stg pada acara penyampaian materi Proxy War kepada peserta Kaderisasi Bela Negara di wilayah Provinsi Sulut, Jumat (15/7/2017).

Dalam acara tersebut Kasiter Korem 131/Santiago Kolonel Inf Saripuddin SIP dalam materinya mengatakan, bahwa ancaman nyata bangsa Indonesia saat ini adalah Proxy war.

“Yaitu perang dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau kelompok lain untuk berperang melalui berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lanjut Kolonel Saripuddin, melalui Ipoleksosbud hankam dalam menghadapi ancaman nyata tersebut kita harus membangun dan menjaga ketahanan nasional yang salah satu contoh ancaman nyata bidang ideologi.

“Seperti bahaya laten Komunis, Terorisme dan paham Radikalisme, dimana Aspek politik fitnah, Provokasi saling curiga serta menciptakan konflik dan lain-lain,’ lanjut Saripuddin.

Dirinya menjelaslan, sementara dari Aspek ekonomi Produk asing, aspek sosial budaya, dan pada aspek politik fitnah, kesemuanya tujuaanya hanya merusak keamanan negara.

“Ancaman ini yang dapat membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka untuk Indonesia yang heterogen dan plural sehingga sangat perlu untuk menguatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika melalui penguatan ketahanan nasional sehingga dengan upaya bagaimana cara mengatasinya yang antara lain Harus memiliki ketahanan pribadi, Ketahanan keluarga dan ketahanan lingkungan yang pada akhirnya akan bertemu satu titik dengan ketahanan nasional,” pungkas Kasiter Korem 131/Santiago Kolonel Inf Saripuddin.

Dalam acara tersebut diikuti oleh peserta kaderisasi sebanyak 156 Orang yang terdiri dari berbagai profesi diantaranya Mahasiswa, Wiraswasta, ASN, Karyawan Bank, Ormas/LSM, Tagana dan Purna Paskibraka provinsi Sulut, yang dilaksanakan di Badiklat pemerintahan provinsi Sulut dan turut hadiri Tim Kemhan RI yang diketuai oleh Kolonel Inf Ari Bato (analis madya pothan).
(tsir)