Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado Kolonel (Pnb) Arifaini Nur Dwi Yanto Saat Wawancara Bersama Awak Media Usai Coffee Morning Pagi Tadi (Selasa, 1/3-2017)

Manado, Indonewscrime – Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di indonesia yang mempunyai posisi dan peran strategis di bagian timur Indonesia dan secara teritorial mempunyai wilayah udara yang menjadi perlintasan langsung trans internasional.

Berkaitan dengan hal disebutkan di atas peran TNI- AU dirasakan sangatlah besar dan penting dalam menjaga kepentingan negara terlebih dalam menjaga kedaulatan Negara. Namun sangat disayangkan kebutuhan diatas tidak di barengi dengan ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni khususnya di TNI-AU. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat pemuda dan pemudi menjadi prajurit TNI-AU. Menurut DanLanud Sam Ratulangi hal tersebut disebabkan adanya pemikiran bahwa untuk menjadi prajurit TNI AU itu sulit. Padahal menurutnya hal itu tidak sepenuhnya benar.

“Nggak sulit kok untuk masuk dan mengikuti tes TNI AU sama aja dengan kesatuan lainnya tergantung motifasi saja, ” tukasnya.

Hal diatas terungkap saat bincang bincang santai antara Indonewscrime. com dengan Komandan Lapangan Udara Sam Ratulangi  Manado Kolonel ((Pnb) Nurfaini Dwi Yanto di sela sela acara tatap muka antara Dan Lanud Sam Ratulangi bersama dengan seluruh jajaran TNI AU bersama keluarga di lapangan sepakbola TNI – AU di Mapanget.

Menyiasati hal tersebut  Dan lanud Sam Ratulangi Nurfaini Dwi Yanto langsung turun kesekolah sekolah untuk mencari generasi muda yang mau ditempa secara khusus menjadi taruna maupun taruni TNI – AU tapi tentunya yang berprestasi. Hal yang sama juga beliau lakukan di kampus kampus dengan memberikan kuliah umum tentang pentingnya wawasan kebangsaan serta bela negara sehingga generasi muda lebih termotifasi dalam menjaga kesatuan dan persatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat di tanyakan apakah kedepannya akan ada pengembangan Infrastruktur penunjang di TNI Angkatan Udara yang membawahi Suluttenggo (Sulawesi Utara Tengah dan Gorontalo) dikatakan oleh Danlanud Sam Ratulangi  bahwa hal itu adalah prioritas yang sedang dan sementara di rintis oleh TNI AU lewat satu grand design pengembangan perluasan TNI AU Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo . Bahkan lewat pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Utara juga dengan Walikota Manado serta kepala kepala. daerah lainnya.

” Para pimpinan daerah  menjamin akan ketersediaan dana maupun sarana penunjang lainnya yang nantinya akan di tata lewat APBD, ” ujarnya

Diketahui Danlanud Sam Ratulangi sendiri berkomitmen untuk menunjang program pemerintah khususnya pemerintah Provinsi Sulawesi Utara utamanya dalam pengembangan Pariwisata. Dan salah satu buktinya adalah peran serta penuh TNI AU dalam event paragliding antar negara yang rencananya akan di selenggarakan dalam waktu dekat di Gunung Tumpa Manado. Selain itu rencananya akan ada event akbar pengibaran ribuan bendera merah putih di darat, laut, maupun udara yang akan melibatkan banyak penerjun dan penyelam pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 72 yang menurut beliau akan di buat secara spektakuler yang bisa di saksikan secara langsung oleh masyarakat yang rencananya akan di laksanakan di Kawasan Mega Mas Manado.

” Intinya kegiatan akan di buat secara spektakuler yang akan di siarkan langsung oleh semua Stasiun TV swasta nasional, “pungkasnya  saat memberikan sambutan pada kegiatan coffee  morning dengan perwakilan media di Sulawesi Utara di Aula pangkalan udara Sam Ratulangi (selasa 1/3-2017).

(Bob)