Beranda » Post » Ketua KNPI Bolmong : Carikan Solusi dan Bukan Penutupan PETI

Ketua KNPI Bolmong : Carikan Solusi dan Bukan Penutupan PETI

INEWSCRIME.COM –  kotamobagu -Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) serta tanah yang subur.

Potensisumber daya alam Bolmong dikelilingi gunung dan bukit yang banyak mengandung emas

Pertambangan emas menjadi profesi sebagian besar masyarakat Bolaang Mongondow Raya bahkan aktifitas ini berlangsung secara turun temurun.

Terkait dengan maraknya pertambangan emas di wilayah Bolmong Raya, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow, Ketua KNPI Bolmong Abdul Salam Bonde, angkat bicara terkait kegiatan pertambangan emas di wilayah Bolmong, “warga mencati emas dengan cara cara liar secara hukum tidak dibenarkan dan harus menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara” kata Bonde.

“Harus diakui aktivitas pertambangan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat lebih khusus masyarakat yang ada dilingkar tambang, berjalan sesuai dengan aturan aturan pertambangan” .

“Bolmong daerah yang sangat beruntung, selain tanah yang subur, bukit dan gunung juga mengandung emas, masyarakat bolmong bisa sejahtera. Hanya saja ini perlu diatur oleh pemerintah untuk mencari solusi, agar masyarakat yang melakukan aktivitas pertambangan bisa di atur dengan baik”, jelas Bonde.

Lanjutnya, wajar jika ada warga atau pemerhati lingkungan yang meminta aparat kepolisian untuk menutup lokasi PETI , itu sangat wajar. Namun disisi lain, PETI dibolmong bukan hanya ada satu saja, bahkan Taman Nasional Dumoga Nani Wartabone hingga saat ini masih saja ada aktivitas PETI diwilayah tersebut.

“Jika Aparat penegak hukum akan melakukan penutupan PETI, harus dikaji secara komprehensip sebelum melakukan tindakan penutupan Lokasi PETI. Rasanya tak adil, jika ada nanti tindakan aparat untuk menutup hanya lokasi PETI tertentu saja di Bolmong, kalaupun PETI akan ditutup harus secara keseluruhan. Namun jika ditutup lokasi PETI secara keseluruhan, apakah ini tidak akan terjadi instabilitas,,?. olehnya ini harus menjadi perhatian serius untuk mencarikan solusinya. Mari kita duduk bersama untuk mencari solusi yang baik, bukan hanya desakan sepihak tanpa memikirkan keadilan yang sama, karrna menjaga stabilitas keamanan itu yang terpenting”, tandas ketua KNPI Bolmong.