INewscrime.com-– Kodam XIII Merdeka bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar buka puasa bersama di aula Makodam Grahadika “Jaya Sakti” Kodam XIII Merdeka di bilangan Teling Rabu, (6/6-2017).

Kegiatan buka puasa bersama tersebut di hadiri oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang di wakili oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama dengan segenap Forkopimda dan segenap prajurit TNI Polri.

Pangdam XIII Merdeka  Mayjen TNI. Madsuni dalam sambutannya mengucapkan puji syukur karena bisa menggelar buka puasa bersama dengan pemerintah Provinsi Sulut dan Forkopimda semoga bulan suci ramadhan ini bisa beri keberkahan bagi kita semua.

“Terima kasih kepada bapak Gubernur  karena bisa terlaksana kegiatan ini”,  ujar Madsuni.

Menurutnya di bulan ramadhan adalah bulan mulia mari kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala.

“Kerukunan hidup di sulut sangat membanggakan kiranya ini menjadi contoh bagi daerah di indonesia sesuai moto Torang Samua Basudara Torang Samua Ciptaan Tuhan,” kata Madsuni.

Sementara itu pemerintah provinsi Sulut dalam sambutannya yang dibawakan oleh Wagub Steven Kandouw mengatakan bahwa puasa memiliki berjuta makna dan berkah bagi siapa yang sunggu-sungguh dan ikhlas menjalankan.

“Ibadah puasa adalah satu perjuangan iman melawan segala perkara duniawi dengan tujuan utama untuk menciptakan manusia yang bertaqwa yang mendekatkan diri dengan Allah tanda adanya sekat pemisah terutama dosa yang menjadi jurang pemisah antara manusia dan Tuhan,” terang Kandouw.

Dirinya juga berpesan pada semua jemaah agar ibadah puasa hendaknya tidak menjadi rutinitas tahunan untuk menahan lapar dan dahaga atau nafsu duniawi melainkan jadi media bagi umat untuk mengalahkan sifat duniawi.

“Ibadah puasa hendaknya jadi media bagi umat untuk berlomba -lomba mengalahkan sifat duniawi dan menaburkan benih-benih kebaikan bagi sesama manusia,” katanya.

Lebih lanjut Kandouw mengatakan momentum ibadah puasa hendaknya dijadikan sebagai wahana untuk memberbanyak taubat, meningkatkan dan memperkokoh keimanan, mempertebal cinta kepada Allah dan sesama serta semakin meningkatkan kebajikan dan silahturahmi.

“Agenda buka puasa bersama saat ini sebagai wujud kebersamaan kita sebagai satu kesatuan masyarakat Sulawesi Utara. Ini untuk meningkatkan silahturahmi, merajut rasa kekeluargaan dan membudayakan semangat toleransi  yamg muaranya peningkata kerukunan dan kedamaian di Bumi Nyiur Melambai” ingatnya sembari menambahkan bahwa momentum ini semakin memperkuat tekat dan komitmen segenap anggota TNI dan Polri untuk memperkuat dan mewujudkan ketahanan wilayah nasional di sulut, mensolusikan berbagai permasalahan yang terjadi dewasa ini.

“Seperti ancaman menurunnya semangat kebangsaan dan kecintaan akan NKRI seperti isu Sara, Gerakan Radikalisme, terorisme, kriminalitas, narkoba, miras dan berbagai ekses negatif lainya. Semua itu demi tegak dan terjaganya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Kandouw.

Melalui agenda yang positif ini , dirinya juga mengajak agar dimanfaatkan sebaik-baiknya mungkin sebagai wahana saling komunikasi, bersilahturahmi, memupuk kebersamaan serta menabur kebaikan pada sesama. Selamat menjalankan ibadah puasa semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati ibadah puasa yang dijalankan umat Islam,” ujar Wagub mengakhiri sambutannya.

Terpantau oleh media selain Forkopimda Sulut yang hadir saat itu turut hadir pula Ketua TP PKK Sulut, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK, Kartika Devi Kandouw Tanos, Ketua Dharma Wanita Sulut Ivonne Silangen-Lombok, Wakapolda Sulut beserta jajaran TNI AD, AL dan AU. Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sejumlah alat kelengkapan sholat. (***)