kapolda Metro : Maaf Sidang Ahok Masih Panjang

Jakarta – inewscrime – Kapolda Metro  Irjen Pol M. Iriawan meminta pengertian masyarakat karena akses lalu lintas di Jalan HR Harsono, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan kemungkinan besar akan ditutup setiap adanya persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa basuki tjahya purnama alias Ahok, setidaknya hingga beberapa bulan ke depan.

“Tadi diskusi saya dengan tim hakim itu kemungkinan persidangan akan panjang, artinya bisa hingga April atau Mei karena saksi cukup banyak,” katanya di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Iriawan menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengamanan terhadap jalannya persidangan, salah satunya adalah dengan menutup lalu lintas di depan gedung Kementerian Pertanian. “Nanti kita lihat situasi, sementara kita lakukan demikian (penutupan jalan) demi menjaga keamanan,” tuturnya.

Kapolda juga menjelaskan bahwa dirinya telah mempertimbangkan dampak yang akan dirasakan masyarakat, seiring dengan penutupan lalu lintas tersebut.

“Kami sudah hitung betul kerugian dari masyarakat, termasuk pengalihan Busway, karena Busway disini biasa dipakai pada Sabtu dan Minggu untuk ke Ragunan,” ucapnya.

Iriawan menambahkan, pihaknya bersama Pemda DKI akan berkoordinasi dengan pengelola Kebon Binatang Ragunan agar menutup taman rekreasi tersebut setiap Selasa.

“Pihak Ragunan akan berkoordinasi dengan Pemda agar Ragunan ditutup setiap Selasa sekaligus untuk dilakukan maintenance,” pungkasnya.

Sekedar informasi, arus lalu lintas di Jalan HM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan di kedua arahnya memang ditutup Kepolisian sejak pagi tadi. Pasalnya jalan tersebut menjadi tempat bagi massa untuk berorasi.