Kadisnaker Manado Ingatkan Perusahaan Beri Upah Sesuai UMP/UMK Pada Para Pekerja

Foto  : Kadisnaker Manado Donald Supit.SH.

Manado,inewscrime.com-Rendahnya pemberian upah pada para pekerja masih terus saja terjadi. Tak pelak masalah masalah tersebut kerap menimbulkan masalah antara pemberi kerja dan pencari kerja.

Sejumlah laporan terkait pemberhentian sepihak dan pembayaran upah yang tak layak terus mencuat belakangan ini.

Hal ini akui oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Manado Donald Supit SH. Di sambangi inewscrime.com diruang kerjanya dirinya ada berapa hal yang melatar belakangi itu, namun yang paling mendasar adalah kebutuhan para pencari kerja akan pekerjaan yang paling sering menyebabkan hal itu terjadi.

Menurut Kadisnaker khususnya disnaker Manado berulang kali menindak lanjuti laporan yang masuk pada kami namun saat di interogasi para pekerja mengaku bahwa gaji yang mereka terima sudah cukup, padahal kami tau mereka berdusta.

“saat turun melakukan investigasi ke perusahaan para pekerja mengaku gajinya layak. Kami tau mereka berbohong, tapi mereka lakukan itu karena takut kehilangan pekerjaan,”ujar Kadis.

Tapi itu bukan berarti  tanpa penindakan.Banyak perusahaan yang ditindak tegas oleh pengadilan karena terbukti nakal dan secara sengaja melakukan itu.

“Disnaker khususnya Disnaker Provinsi telah banyak melakukan penindakan pada perusahaan nakal yang secara sengaja melakukan pelanggaran pada para pekerja. Sudah banyak perusahaan yang di tindaki lewat pengadilan karena secara sengaja melanggar ketentuan yang ada dalam UU Tenaga kerja,”ujarnya lagi.

Menyikapi itu, Dinas Tenaga Kerja lewat Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota.Manado Donald.Supit SH mengingatkan dan menegaskan kembali pada perusahaan untuk membayar gaji sesuai ketentuan. “Kami menghimbau dan menegaskan kembali bahwa perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja wajib membayarkan upah sesuai dengan UMP atau Upah Minimum Kota. Jadi kalau UMP 3.050.000,- kalau UMK 3.112.000,”anjur Putra Raanan Baru ini.

Dibagian akhir dirinya mengatakan bahwa pekerja sejahtera akan berdampak pada perusahaan yang makin baik.

“dengan meningkatnya kesejahteraan pekerja secara paralel akan meningkatkan daya saing perusahaan tersebut. Pekerja yang sejahtera akan berdampak pada perusahaan yang makin baik,”pungkasnya.

Penulis : Robby Kumaat Mononimbar