Hal itu dibuktikan dengan dibuatnya destinasi wisata budaya di Sulawesi Utara yang berlokasi di Bendungan Kuwil Kawangkoan Minahasa Utara yang rencananya tahun ini bakal segera dinikmati oleh masyarakat Sulawesi Utara.

Teinformasi,  rencana pembangunan tempat wisata di kompleks Waruga (Makam leluhuhur orang Minahasa) direncanakan akan diakukan peletakan batu pertama  oleh Gubernur Olly Dondokambey nantinya dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang untuk para pengunjung.

Pengunjung juga nantinya bisa dimanjakan menikmati pemandangan waduk Kuwil yang memiliki luas keseluruhan 306 hektar

“  Kompleks wisata di Bendungan Kuwil ini akan ditata sedemikian rupa, seperti akses jalan masuk yang diperuntukan untuk masyarakat umum, kuliner, serta tempat informasi tentang budaya Minahasa agar masyarakat maupun turis mancanegara yang ingin mengetahui budaya di Tanah Minahasa bisa mengetahu langsung di lokasi wisata ini, “ujar Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi I melalui Pelaksana Teknis Bendungan Kuwil Donny Dumais Kamis (6/8/20).

” Dalam waktu dekat ini Pak Gubernur Olly Dondokambey akan melakukan peletakan batu pertama, beliau sangat merespon sekali pariwisata disini.“ ucap Dumais.

Dumais yang juga didampingi Deddy Ratulangi selaku pengawas lapangan serta Sultoni Yusuf dari PT.  Nindya Karya mengungkapkan, master plan pembangunan wisata Bendungan Kuwil dengan luas 2 hektar ini sudah disiapkan sehingga akhir  tahun 2020 ditargetkan selesai.

“ Sebagai orang Minahasa secara pribadi saya mengapresiasi dan bangga atas ide brilian pak Gubernur membangun wisata Budaya disini, dan ini mungkin satu-satunya yang ada di Indonesia, “ tandas Dumais.

(RKM)