Jems Tuuk : Antisipasi Chaos Karena Covid-I9 Pemprov Segera Lakukan Pergeseran Anggaran

Jems Julius Tuuk 

DPRD SULUT, (INC) – Terkait dengan Pandemik Covid 19. Sebagai anggota Deprov, saya memberikan apresiasi kepada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pangdam dan Kapolda, yang bahu membahu membuat terobosan program penanggulangan Covid 19.

Menurut apa yang saya lihat dan rasakan bahwa masyarakat kelas menengah kebawah di Sulut mengalami kesulitan yg luar biasa, termasuk petani, dimana sebagian besar lahan sawah gagal panen karena hama tikus dan hama lainnya. Dengan tidak adanya turis di Sulut maka pendapatan nelayan menurun jauh. Demikian juga utk pekerjaan padat karya, banyak tukang yang menganggur karena tidak ada pekerjaan.
Praktis yg bisa menghasilkan uang hari ini hanya Tambang Rakyat / Tambang Emas.

Berdasarkan hal tersebut saya meminta kepada Pihak Eksekutif dan rekan2 Legislatif agar segera mengambil langkah teribosan sbb :

1. Mengevaluasi kembali alokasi anggaran pada APBD 2020, sekalipun APBD sdh di Perdakan. Kita dapat menggeser dana tersebut utk keperluan yg Urgen dalm menanggulangi Covid 19.

2. Segera alihkan Dana TKD atau Tunjangan Kinerja Daerah, Perjalanan Dinas dan Belanja Modal untuk kebutuhan masyarakat dan Kesehatan

3. Dana pada point dua, dapat dibelanjakan utk :

a. Pangan, Vitamin dan Obat2an dll dibagikan gratis kepada Masyarakat.
b. Biaya Operasional Aparat Keamanan yaitu TNI, Polri dan Satpol PP dalam menjalankan program social distancing.
d. Perlengkapan petugas kesehatan.

Saya melihat untuk kelas menengah kebawah kehidupan mereka sangat terpuruk.

Jika kondisi lebih memburuk, dan tidak teratasi sampai 2 bulan ke depan, saya kuatir rakyat akan marah dan terjadi Chaos karena tidak ada dana utk Pangan dan Kesehatan.

Sekali lagi saya berharap, segera lakukan pergeseran anggaran untuk APBD tahun 2020. (*/Robby)