Ivone Bentellu : Selama Pengunduran Diri Saya Berproses, Saya Masih Anggota DPRD Sulut

Ivone Bentellu saat RDP dengan Dinas Penanaman Modal dan PTSP

INewscrime.com- Terkait dengan pemberitaan sebelumnya yang memberitakan Ivone Bentellu yang telah mengundurkan diri namun masih masih aktif dalam pembahasan komisi 2 di DPRD Sulut.

Pada INewscrime.com dirinya mengatakan yang dirinya ajukan adalah permohonan pengunduran diri dan itu sedang berproses
“memang kemarin sudah bikin surat permohonan pengunduran diri tapi sebagai anggota dewan kan pemberhentiannya ada mekanisme.
Anggota dewan diangkat dan diberhentikan oleh Mendagri
Itu pemahaman saya,”terang Ivone Via WhatsApp.

Lanjut dikatakan olehnya,
“Jadi menunggu proses itu, saya tetap melaksanakan kewajiban saya sebagai wakil dari rakyat yang memilih saya,Kalau soal hak itu diatur oleh aturan. Silahkan tanya kepada tim yg mengklarifikasi itu ke Depdagri,”tukas dia.

Terkait UU No.12 Pasal 99 ayat 2 tentang Anggota Dewan yang mundur karena pindah partai dikatakan oleh Ivone Bentellu pernyataan sekwan hanya berdasarkan penilaian dia, UU No12 tahun 2018 itu perlu dibaca dan di interpretasikan secara benar dan untuk itu Sekwan telah mengutus Tim Hukum ke Kemendagri untuk konsultasi
“Ini yang tidak dibuka dan disampaikan,” ujarnya.

Dibagian akhir Ivone Bentellu mengatakan masalah Hak sebagai anggota dewan di atur oleh UU bukan berdasarkan keputusan Sekwan UU itu perlu dibaca dan diinterpretasikan secara benar
Coba baca keseluruhan pp 12/2018 Masalah hak itu diatur UU bukan keputusan Sekwan
“Kalo karena keputusan sekwan silahkan desak sekwan keluarkan surat pemberhentian terhadap saya jangan cuma bicara, Karena menjadi anggota DPRD dan tidak menjadi anggota DPRD itu adalah keputusan Mendagri bukan keputusan sekwan, perlu ada pendapat ahli yang mengeluarkan peraturannya,”tutup dia.

Sekwan sendiri pada wartawan mengatakan semua yang dirinya lakukan berdasarkan UU No 12 pasal 99 ayat 2 di situ jelas tertulis terkait anggota dewan yang mundur karena pindah partai. Terkait hak semisal gaji dan lain lain yang sudah tidak lagi di bayarkan juga mengacu pada UU itu,”terang Sekwan.

Terkait status Ivone Bentellu di Fraksi PDI dan Komisi 2 DPRD Sulut, Pendapat berbeda disampaikan oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan Tedy Kumaat dan Wakil Ketua Komisi 2 Noldy Lamallo.
Tedy Kumaat mengatakan bahwa sejak mengajukan pemohonan pengunduran diri sebagai anggota DPRD Ivone Bentellu bukan lagi anggota fraksi PDIP lain halnya dengan Noldy Lamallo yang mengatakan selama belum ada surat resmi dari PDI Perjuangan Ivone Bentellu masih personil komisi 2, terkait yang bersangkutan telah mengajukan permohonan pengunduran diri, di kembalikan pada etika dan moral yang bersangkutan,”kunci legislator Partai Hanura ini.

Sementara pakar hukum Toar Palilingan saat dimintai tanggapannya mengatakan kalau Ivone Bentellu mengklaim bahwa dirinya masih anggota dewan itu hak dia, tapi apa yang Sekwan lakukan juga tidak salah karena mengacu pada UU No 12 tahun 2018 terkait Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota khususnya pasal 99 ayat 2 terkait anggota dewan yang mengundurkan diri karena pindah partai. Terkait adanya edaran Kemendagri yang ditanda tangani oleh Dirjen OTDA Sonny Sumarsono menurut Toar Palilingan itu untuk mengingatkan pada semua pihak yang berkaitan dengan  itu  tapi acuannya tetap pada Pasal 12 tahun 2018,”terang Toar Palilingan senior.