Indahnya Kebersamaan, Desa Raanan Lama Isolasi Mandiri, Desa Raanan Baru Maesa Suplay Bahan Makanan

MINSEL, INC.COM — Apa yang dilakukan oleh sekelompok Karang Taruna di desa Raanan Baru Kecamatan Motoling Barat ini patut diacungi jempol.

Tidak menunggu dari pemerintah atau lembaga manapun, kepedulian terhadap sekitar empat ratusan KK yang harus menjalani isolasi mandiri di desa Raanan Lama ditunjukkan oleh warga Desa Raanan Baru Maesa dengan mengumpulkan bahan natura untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka setiap hari.

Dikatakan oleh Jemrie Kawengian penggagas Kegiatan tersebut, “ide itu timbul dengan dasar pemikiran jika kebutuhan pokok mereka tercukupi mereka tidak perlu keluar rumah untuk mencari dan memenuhi kebutuhan pokok mereka utamanya kebutuhan pangan,”ujar pria yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar ini.

“Beberapa hari yang lalu sempat tersiar kabar bahwa ada beberapa keluarga yang memaksakan diri untuk keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan mereka, semoga dengan ini hal itu tak akan terulang lagi. Karena harapan kami jika mereka tidak lagi keluar rumah itu akan sangat bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Motoling, “tukas Jemrie.

Dikatakan oleh Jemrie Kawengian, dirinya tak sendirian dalam kegiatan ini tapi di bantu oleh Karang Taruna Kecamatan yang diketuai oleh Ronald Kumayas bersama koordinator Karang Taruna lainnya didesa Raanan Baru Maesa yaitu Surya Wowor dan Dedy Kaligis di bantu oleh para Hukum Tua di tiga desa yang ada di Raanan Baru yaitu Hukum Tua Ruddy Kodongan, Hukum Tua Alfian Sengkey dan Hukum Tua Harto Lumenta beserta BAMAG (Badan Musyawarah Antar Umat Beragama Raanan Baru Maesa).

Semua warga Desa Raanan Baru begitu antusias ketika mendengarkan informasi pengumpulan natura tersebut dan langsung bergegas membawa bantuan tersebut ke posko penggalangan bantuan untuk nantinya disalurkan ke Desa Raanan Lama

adapun bantuan yang terkumpul adalah
Beras 1 Ton (1000 Kg)
Minyak Kelapa 100 liter
Telur 50 Baki
Dan bahan bahan dapur seperti, daun bawang, cabe merah,tomat dan banyak lagi kebutuhan dapur lainnya.

Diketahui untuk tekhnis penyaluran bantuan tersebut dikatakan oleh Jemrie Kawengian bahwa mereka berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Minahasa Selatan.

Sebagai informasi, Warga desa Raanan Lama di Kecamatan Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terpaksa harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, setelah ditemukan adanya 6 warga yang dinyatakan terjangkit virus Corona (Covid-19).

Dikatakan oleh Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Minsel Royke Mandey SH, petugas telah menelusuri keluarga dan kerabat yang kontak dengan para pasien tersebut.

“Ada 6 orang, itu dari keluarga dan kerabat. Kami akan melakukan pemeriksaan,” ucap Mandey.

Sementara, untuk masyarakat sekitar tempat tinggal pasien, bupati telah mengintruksikan mengisolasi diri selama 14 hari untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Berdasarkan informasi, keenam pasien ini sudah kontak erat dengan beberapa warga yang ada di Desanya.

(Robby Kumaat Mononimbar)