Herol.Kaawoan Saat Memimpin Komiai I DPRD Sulut Kunjungan Kerja Ke Inspektorat Minsel. (Foto Isimewa)

SULUT, INC — Dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulut Herol Vresly Kaawoan. Komisi I IDPRD melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Inspektorat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kamis (22/4/2021).

Tujuan dari kunker ini dimaksudkan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, selanjutnya melaksanakan fungsi pengawasan di bidang pemerintahan terhadap pelayanan pembuatan EKTP di Dukcapil.

Dikatakan oleh Herol ada beberapa hal yang di peroleh dari hasil kunker saat ini, diantaranya ada temuan penyalahgunaan dana Desa tepatnya di Desa Maleos.

“Adapun hasil yang kami peroleh dari kunjungan kerja kali ini bersama Inspektorat dan Dukcapil seperti adanya temuan penyalagunaan dana desah di desa Maleos, SDM auditor, Sinergitas dengan inspektorat provinsi sudah berjalan dengan baik dan terus di pertahankan, kemudian bagaimana pemeriksaan inspektorat kabupaten minsel, kewenangan APIP, serta tentang penyediaan fasilitas pengaduan masyarakat”, ungkap Kaawoan.

IMG-20210422-WA0066

Sementara itu dari Dukcapil terkait laporan hasil evaluasi Pelayanan Publik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tahun 2020. Dimana untuk Dukcapil Minsel memperoleh nilai 2,07 dengan Kategori C (Cukup dengan catatan).

“Kemudian untuk Dukcapil hasil yang kami peroleh terkait laporan hasil evaluasi pelayanan publik dari Kemenpan RB dan khusus untuk Dukcapil Minsel mendapat nilai 2,07 Kategori C (cukup dengan catatan) sedangkan nilai paling rendah adalah 2, dan ini sudah 3 tahun berturut turut dan hasil evaluasi ini di laksanakan pada bulan september tahun 2020”, ujar Politisi Gerindra ini.

Kaawoan sendiri meminta agar Inspektorat dan Dukcapil Kabupaten Minsel untuk bisa mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat serta terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemprov dan Pemerintah Pusat.

“Ada juga beberapa hal yang kami sampaikan antara lain mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat serta terus melakukan koordinasi ke pemerintah prov dan pusat agar terwujudnya sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah”, pungkas Legislator Dapil Minahasa-Tomohon ini.

Dalam kunjungan Komisi I ini ke Kabupaten Minsel di sambut oleh Ispektur Hendra Pandeynuwu beserta jajarannya, dan Kadis Dukcapil Minsel Corneles Mononimbar.

Selain Kaawoan ada pun rombongan Komisi I DPRD Sulut yang melakukan Kunker yakni Hendry Walukouw, Imelda Novita Rewa, Arthur Kotambunan bersama kabag Umum Setwan Jhon H. Paerunan SH serta staf Komisi I Willyardi Wongkar S.STP..

(*/Robby)