Harga Kopra Anjlok Rocky Wowor Tantang Petani Sulut Lebih Kreatif.

Foto : Rocky Wowor Legislator PDI Perjuangan di DPRD Sulut  

INewscrime-.com– Anjloknya harga komoditas pertanian seperti kopra di tanggapi bijak dan kritis oleh legislator PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Sulawesi Utara Rocky Wowor.

Diwawancarai eksklusif di ruang kerjanya di DPRD Sulut Jumat, 29/6-2018 Rocky mengatakan anjloknya harga komoditas kopra dan produk pertanian lainnya karena mekanisme pasar adalah salah satu alasan yang sulit dibantah.

Dirinya mencontohkan ketika Presiden Jokowi menerapkan kebijakan Harga eceran tertinggi (HET) beras. Tetap saja pemerintah kewalahan mengatur mekanisme pemasaran serta distribusinya.

Dirinya mengatakan, dengan kondisi seperti sekarang ini petani harus.lebih kreatif dan tidak hanya bergantung pada satu komoditas saja.

“Petani harus lebih kreatif, jangan hanya bergantung pada satu komoditas saja, manfaatkan setiap jengkal tanah dengan komoditas lainnya semisal jagung,bawang,cabai dan tanaman perkebunan lainnya,”ujar legislator muda ini.

Lanjut dikatakan olehnya, Pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Kota harus proaktif dalam memfasilitasi ketersedian bibit dan fasilitas penunjang lainnya.

Khusus untuk komoditas jagung Rocky menginformasikan
Kementrian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan siap menanam jagung di lahan perkebunan seluruh Indonesia seluas 1 juta hektare sebagai upaya mendukung swasembada pangan nasional.

Pemerintah Kabupaten Kota harus menangkap peluang tersebut, jangan hanya bergantung pada Pemerintah Provinsi saja. Setau beberapa Kabupaten kota seperti Bolmong,Minsel dan Tomohon gencar melakukan itu “tukasnya.

Di bagian akhir Rocky mengatakan jika petani mampu memanfaatkan semua lahan kosong yang mereka miliki dirinya yakin petani pasti akan sejahtera.

Kami akan terus mendorong pihak eksekutif untuk memfasilitasi ketersediaan bibit dan fasilitas pertanian lainnya.

“Banyak program pemerintah yang mampu mensejahterakan petani Sepanjang petani mau berpikir kreatif dan pemerintah secara kontinyu memberi pendampingan pada petani,”tutup Rocky.